Solihat, Syifa Nurendah (2025) Peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada topik pencemaran air. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (179kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
|
Text
10_daftarpustaka.pdf Download (151kB) | Preview |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan proses sains menjadi salah satu kompetensi penting abad-21 yang berperan dalam mendukung kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah secara ilmiah. Namun kenyataannya, keterampilan proses sains peserta didik masih tergolong rendah dan kepedulian akan lingkungan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui model Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan desain non-equivalent control group. Sampel terdiri atas dua kelas yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 100% pada kinerja guru dan 93% pada aktivitas peserta didik, sedangkan pada kelas kontrol keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase sebesar 100% pada kinerja guru dan 95% pada aktivitas peserta didik, keduanya berada dalam kategori “sangat baik”. Peningkatan keterampilan proses sains pada kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,74 (tinggi) dan kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,64 (sedang). Berdasarkan hasil uji Independent t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak H1 diterima. Hasil respon peserta didik kelas eksperimen terhadap pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 81,73%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada topik pencemaran air.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains; Project Based Learning (PjBL); Pencemaran Air |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | syifa nurendah solihat |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:06 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |