Faiz, Ihsan Nur (2025) Penerapan media GimKit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (402kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran ihsan nur faiz.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional. Penggunaan media GimKit dianggap mampu menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara lebih interaktif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Motivasi siswa sebelum menggunakan media GimKit pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah. 2) Penerapan media GimKit pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah. 3) Tingkat motivasi belajar siswa melalui penerapan media GimKit pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah. Dalam penelitian ini, media GimKit memungkinkan guru menghadirkan materi secara interaktif, yang tidak hanya menarik perhatian siswa tetapi juga mendorong keterlibatan aktif mereka. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah penerapan media GimKit dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media GimKit diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,18, setelah menggunakan media GimKit diperoleh nilai 87,22 artinya terdapat perbedaan rata rata hasil kuesioner motivasi belajar siswa. 2) Proses penerapan media GimKit mencapai tingkat keberhasilan sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas eksperimen setelah menggunakan media GimKit diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,672 dengan kategori sedang. Sementara itu, nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,229 dengan kategori rendah. Uji hipotesis nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, artinya, hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan media GimKit dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; GimKit; Motivasi Belajar |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ihsan Nur Faiz |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |