Penerapan media GimKit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Faiz, Ihsan Nur (2025) Penerapan media GimKit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian quasi eksperiment pada siswa kelas VIII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran ihsan nur faiz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional. Penggunaan media GimKit dianggap mampu menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara lebih interaktif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Motivasi siswa sebelum menggunakan media GimKit pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah. 2) Penerapan media GimKit pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah. 3) Tingkat motivasi belajar siswa melalui penerapan media GimKit pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah. Dalam penelitian ini, media GimKit memungkinkan guru menghadirkan materi secara interaktif, yang tidak hanya menarik perhatian siswa tetapi juga mendorong keterlibatan aktif mereka. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan adalah penerapan media GimKit dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test serta uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media GimKit diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,18, setelah menggunakan media GimKit diperoleh nilai 87,22 artinya terdapat perbedaan rata rata hasil kuesioner motivasi belajar siswa. 2) Proses penerapan media GimKit mencapai tingkat keberhasilan sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas eksperimen setelah menggunakan media GimKit diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,672 dengan kategori sedang. Sementara itu, nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,229 dengan kategori rendah. Uji hipotesis nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, artinya, hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan media GimKit dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; GimKit; Motivasi Belajar
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ihsan Nur Faiz
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:41
Last Modified: 09 Sep 2025 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117984

Actions (login required)

View Item View Item