Rusdi, Virda Permata Dania (2025) Pengaruh inovasi pelayanan dan kualitas sistem Online Single Submission (OSS) terhadap efektivitas pelayanan perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
3_SK BEBAS PLAGIARISM.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftar Isi.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
5_BAB I.pdf Download (580kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dinas PMPTSP Provinsi Jawa Barat telah menerapkan sistem perizinan berusaha berbasis risiko melalui platform OSS sebagai bentuk inovasi pelayanan publik berbasis digital. Namun, efektivitas layanan ini masih menjadi sorotan di kalangan pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK), terutama dalam hal kecepatan layanan dan kemudahan akses. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kondisi ini adalah kualitas sistem yang digunakan serta tingkat inovasi pelayanan yang diterapkan dalam penyelenggaraan perizinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Inovasi pelyanan dan kualitas sistem terhadap efektvitas pelayanan perizinan berusaha melalui sistem OSSdi lingkungan DPMPTSP Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode sampling yang diunakan adalah simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 398 responden pelaku UMK di Kota Bandung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.2.9. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menyatakan bahawa efektivitas pelayanan dipengaruhi oleh dua variabel utama, yaitu Inovasi Pelayanan dan Kualitas Sistem. Teori inovasi pelayanan mencakup lima aspek didalamnya, yaitu relative advantages, compabilitu, complexity, triability, observability. Teori kualitas sistem mencakup lima aspek , yaitu keandalan, integrasi, fleksibilitas, aksesibilitas, dan waktu respon. Sedangkan teori efektivitas mencakup lima aspek di dalamnya, yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Inovasi pelayanan dan kualitas sistem terhadap efektivitas pelayanan perizinan. Variabel inovasi pelayanan memberikan pengaruh signifikan dengan t statistics sebesar 3,148 dan f square sebesar 0,151 yang tergolong dlam kategori pengaruh lemah ke sedang, sedangkan variabel kualitas sistem memberikan kontribusi pengaruh yang lebih besar terhadap efektivitas, dengan nilai t-statistics sebesar 3,870 dan f square sebesar 0,245 yang tergolong dalam kategori sedang. Secara simultan, baik inovasi pelayanan maupun kualitas sistem berpengaruh signifikan terhadap efektivitas pelayanan dengan nilai R-square 0.624 (pengaruh kuat). Nilai SRMR sebesar 0.062 menunjukkan bahawa model penelitian memiliki tingkat kecocokan yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pelayanan; Kualitas Sistem; Efektivitas Pelayanan; OSS; DPMPTSP Jawa Barat; |
Subjects: | Public Administration Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Virda Permata Dania Rusdi |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 07:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/117999 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |