Penerapan metode kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam: Penelitian tindakan kelas di kelas VII-D SMP Muhammadiyah 10 Bandung

Nurhayati, Sinta (2018) Penerapan metode kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam: Penelitian tindakan kelas di kelas VII-D SMP Muhammadiyah 10 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi pada mata pelajaran Pendidikan agama islam (PAI) di SMP Muhammadiyah 10 Bandung berdasarkan study pendahuluan yang dilakukan dalam proses pembelajaran masih diajarkan secara konvesional yakni pasif dan peserta didik sulit untuk mengkondisikan pada saat pembelajaran berlangsung. Mereka hanya sekedar menerima materi pembelajaran sementara aktivitas pembelajaran yang mereka lakukan sangat minim. Oleh karena itu, maka diperlukan metode yang baru dan menarik supaya mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dan mampu mencapai pembelajaran yang sesuai dengan yang diharapkan, yakni mampu meningkatkan aktivas belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe think pair share. Pembelajaran ini dilakukan untuk mengetahui (1) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menggunakan metode kooperatif tipe think pair share; (2) penerapan metode kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; (3) tingkat aktivitas belajar siswa setelah menggunakan metode kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode kooperatif tipe think pair share ini dilakukan sebagai penelitian didasarkan atas asumsi bahwa penggunaan metode think pair share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “penggunaan metode kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yaitu dengan tahapan-tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 10 bandung pada kelas VII-D dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 orang dan 17 orang siswa perempuan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dapat disimpulkan bahwa : (1) Aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan metode kooperatif tipe think pair share pada tahap pra siklus memiliki nilai rata-rata sebesar 30,68% dengan kategori kurang aktif, (2) Aktivitas belajar siswa menggunakan penerapan metode kooperatif tipe think pair share hasil pada siklus I ada peningkatan sebesar 71,24% (Aktif), dan (3) Siklus II terdapat peningkatan dengan jumlah rata-rata sebesar 92,51% (Sangat Aktif). Dengan demikian,pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok Malaikat-malaikat Allah SWT dengan menggunakan metode kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 25 Jul 2018 08:14
Last Modified: 25 Jul 2018 08:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item