Pengaruh kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap niat untuk keluar (Turnover Intention) studi pada karyawan PT Arteria Daya Mulia Kota Cirebon

Hartiena, Aida Ayu (2018) Pengaruh kepuasan kerja dan lingkungan kerja terhadap niat untuk keluar (Turnover Intention) studi pada karyawan PT Arteria Daya Mulia Kota Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Keinginan untuk berhenti bekerja (turnover intention) menjadi sinyal awal terjadinya Voluntary Turnover di dalam suatu organisasi. Tinggi atau rendahnya turnover karyawan pada suatu organisasi dapat mengakibatkan tinggi rendahnya biaya perekrutan, seleksi, dan pelatihan yang harus ditanggung organisasi yang berakibat mengganggu efisiensi operasional organisasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya Turnover Intention diantaranya adalah usia, lama bekerja, tingkat pendidikan dan intelegensi, komitmen organisasi, kepuasan kerja, lingkungan kerja, gaya kepemimpinan, budaya perusahaan, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention, (2) pengaruh lingkungan kerja terhadap turnover intention, (3) pengaruh kepuasan kerja dan lingkungan kerja secara simultan terhadap turnover intention Metode yang digunakan adalah metode deskriptif asosatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Arteria Daya Mulia Kota Cirebon, dengan jumlah populasi sebesar 1837 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, sehingga ditentukan sampel penelitian ini sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei pendahuluan, penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Metode pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji realibilitas, uji parsial, uji simultan, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Kepuasan Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Turnover Intention yang dibuktikan dengan perolehan nilai t hitung ≥ t tabel yaitu -3,671 ≥ -1,989 dengan tingkat siginifikansi 0,000 ≤ 0,05. Sedangkan Lingkungan Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Turnover Intention yang dibuktikan dengan nilai t hitung ≥t tabel yaitu -8,888 ≥ -1,989 dengan tingkat signifikansi 0,000 ≥ 0,05. Secara simultan, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Turnover Intention dengan nilai F hitung ≥ F tabel 49,568 ≥ 3,09. Jadi besarnya pengaruh kepuasan kerja dan lingkungan kerja secara simultan terhadap Turnover Intention adalah sebesar 51,9% dan besarnya pengaruh variabel lain adalah sebesar 48,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja;Lingkungan Kerja;dan Turnover Intention Karyawan
Subjects: Psychology
Ethics of Social Relations
Econmics > General Publications of Economic
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Aida Ayu Hartiena
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:01
Last Modified: 26 Jul 2018 07:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item