Penerapan program matrikulasi Qur'an dengan metode tilawati untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an : Penelitian di sekolah menengah atas plus al Ghifari Bandung

Purnama, Jajang (2025) Penerapan program matrikulasi Qur'an dengan metode tilawati untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an : Penelitian di sekolah menengah atas plus al Ghifari Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (PERNYATAAN)
3. PERNYATAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB I)
5. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (BAB II)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text (BAB III)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB IV)
8. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text (BAB V)
9. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelajaran membaca Al-Qur’an adalah salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pendidikan agama. SMA Pus Al Ghifari salah satu sekolah formal swasta menerima peserta didik yang heterogen sehingga kemampuan dalam membaca Al-Qur’annya pun berbeda-beda. Program Matrikulasi Qur’an dijadikan program unggulan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep program, perkembangan kemampuan siswa setelah mengikuti program matrikulasi Qur’an, serta apa saja faktor-faktor yang menghambat dan mendukung program tersebut supaya menjadi bahan evaluasi menjadi program unggulan dalam memberantas buta huruf Al-Qur’an. Program Matrikulasi Qur’an merupakan salah satu pengembangan dari pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Plus Al Ghifari dibagi kepada 3 tingkatan ibtida, tahsin, dan tahfidz. Metode Tilawati adalah sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an yang disusun dalam 6 jilid dengan strategi pembelajarannya menggunakan klasikal baca simak. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah kapasitas, keterampilan, serta ketangguhan individu dalam melafalkan Al-Qur’an secara tartil, sesuai dengan aturan ilmu Tajwid, dengan memperhatikan pengucapan huruf (makhraj) secara tepat dan benar Penelitian ini termasuk kepada penelitian kualitatif penomenologi mendeskripsikan keadaan yang sedang terjadi dari objek yang diteliti yaitu kegiatan penerapan program matrikulasi Qur’an bertempat di SMA Plus Al Gifari, waktu penelitian dari bulan Maret 2025 dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Adapun uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan ikut terjun dalam kegiatan matrikulasi, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi sumber, teknik, dan waktu melalui reduksi data kemudian disajikan lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan program matrikulasi Qur’an akan menjadi program yang memiliki performa yang baik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan perencanaan yang matang dan evaluasi berkelanjutan didukung dengan sarana yang memadai dan penerapan metode yang sesuai standar. Dari hasil penelitian terlihan ada peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti program meskipun belum sampai kepada tingkatan yang sempurna.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Matrikulasi Qur'an; Kemampuan Membaca al-Qur'an Siswa; Metode Tilawati; sekolah menengah atas;
Subjects: Knowledge
Islam
Education
Elementary Education
Adult Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: jajang purnama
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:40
Last Modified: 09 Sep 2025 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118247

Actions (login required)

View Item View Item