Zakiyah, Nisa (2025) Penerapan teknik Kuratul Kalam untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_SK Bebas Plagiarism.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi (1).pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (624kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka (2).pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesempatan siswa untuk berlatih secara aktif, serta rendahnya motivasi dan kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, diperlukan penerapan teknik pembelajaran inovatif dan interaktif, yaitu teknik Kuratul Kalam, diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan berbicara siswa sebelum menerapkan teknik pembelajaran Kuratul Kalam pada mata pelajaran bahasa Arab, (2) proses penerapan teknik Kuratul Kalam dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab pada setiap siklusnya dan (3) keterampilan berbicara siswa setelah penerapan teknik Kuratul Kalam pada akhir siklus. Teknik Kuratul Kalam merupakan tipe pembelajaran student-centered yang dirancang untuk melatih dan mengembangkan keterampilan berbicara (maharah kalam). Teknik ini melibatkan aktivitas percakapan interaktif antar siswa melalui saling bertanya dan menjawab pertanyaan sambil menggunakan bola yang dilempar. Dengan fokus menciptakan lingkungan belajar bahasa Arab yang aktif, partisipatif, dan komunikatif, kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi, kepercayaan diri, dan kemampuan berbicara lisan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang juga menggabungkan pendekatan mixed method, dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes unjuk kerja (lisan), dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa Kelas IV D MIN 2 Kota Bandung. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) keterampilan berbicara siswa masih rendah yaitu 14%. (2) proses penerapan teknik pembelajaran Kuratul Kalam dilakukan dengan baik. Persentase aktivitas guru siklus I tindakan I yaitu 74% untuk aktivitas siswanya 55%, pada siklus I tindakan II yaitu 83% untuk aktivitas siswanya 64%, persentase aktivitas guru siklus II Tindakan I yaitu 87% untuk aktivitas siswanya 73%, pada siklus II Tindakan II yaitu 96% untuk aktivitas siswanya 91% (3) setelah penerapan teknik Kuratul Kalam disetiap siklus terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa. Pada siklus I yaitu 46% dan pada siklus II yaitu 82%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik Kuratul Kalam; keterampilan berbicara; mata pelajaran bahasa Arab; |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nisa Zakiyah |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:15 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |