Penerapan Model Pembelajaran Guiding Small Discussion Berbantu Media Audio VIsual Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar: Penelitian Quasi Eksperimen Kelas XI di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Subhi, Raden Moch (2025) Penerapan Model Pembelajaran Guiding Small Discussion Berbantu Media Audio VIsual Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar: Penelitian Quasi Eksperimen Kelas XI di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagrism.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung menjadi latar belakang penelitian ini. Proses pembelajaran yang masih dominan menggunakan metode ceramah membuat siswa kurang aktif, kurang termotivasi, dan sering kehilangan konsentrasi. Hasil observasi awal menunjukkan hanya 15 dari 30 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) individu sebesar 70. Kondisi ini mendorong perlunya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa, salah satunya dengan menggabungkan model Guiding small discussion dan media audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penerapan model Guiding small discussion berbantu media audio visual pada pembelajaran PAI (2) serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model tersebut. Guiding small discussion merupakan model pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa melalui diskusi kelompok kecil yang terarah, sehingga mendorong interaksi, berpikir kritis, dan kolaborasi. Sementara itu, media audio visual memberikan stimulus berupa kombinasi gambar dan suara yang dapat memperjelas konsep abstrak, menarik minat, dan membantu retensi informasi. Sinergi keduanya diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan interaktif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitaif dengan metode quasi experiment tipe non – equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas: kelas XI 6 sebagai kelas experiment yang menerapkan model Guiding Small Discussion. Dan kelas XI 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data diperoleh melalui observasi, tes pre-test dan post test dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa data kualitatif yang menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Guiding Small Discussion (GSD) berbantu media audio visual berjalan dengan sangat baik dengan data hasil observasi 81%. (2) peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berdasarkan Uji N-Gain sebesar 0,63 (kategori sedang-tinggi). Hasil perhitungan hipotesis dengan uji paired sample T-test menghasilkan signifikan 7,27 > 1,99, sehingga terdapat perbedaan signifikan. Dengan demikian penerapan model Guiding Small Discussion berbantu media audio visual efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guiding Small Discussion;Hasil Belajar;Audio Visual
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raden Moch Subhi
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:27
Last Modified: 11 Sep 2025 04:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118300

Actions (login required)

View Item View Item