Penggunaan modul fisika terintegrasi nilai-nilai Alquran pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik

Komalasari, Nur (2018) Penggunaan modul fisika terintegrasi nilai-nilai Alquran pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan harus menciptakan peserta didik yang berkualitas. Hakikatnya pada perkembangan teknologi ini kualitas tidak hanya dalam intelektual saja, tetapi dari segi sikap spiritual dan kemampuan yang dihasilkan. Kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi masih perlu ditingkatkan dan penggunaan bahan ajar berupa modul di sekolah pun masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol. Metode yang digunakan Quasi-Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 2 dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen setiap pertemuannya terkategori sangat baik dan di kelas kontrol terkategori baik. Berdasarkan nilai N-Gain pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,40 dan 0,30 menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah terkategori sedang. Berdasarkan Uji Mann-Whitney di kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Zhitung (-4,72) > Ztabel (0,5199) ketika pretest dan Zhitung (-5,319) > Ztabel (0,5199) ketika posttest. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Oleh karena itu, modul fisika terintegrasi nilai-nilai Alquran dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan tingkat tinggi; modul analog; usaha dan energi
Subjects: Education, Research
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Komalasari
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:56
Last Modified: 26 Jul 2018 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11837

Actions (login required)

View Item View Item