Penerapan lembar kerja siswa berbasis proyek dalam pembuatan Soyghurt berorientasi keterampilan proses sains: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA MA Daarul Uluum PUI Majalengka

Maulani, Deriz Rizki (2015) Penerapan lembar kerja siswa berbasis proyek dalam pembuatan Soyghurt berorientasi keterampilan proses sains: Penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA MA Daarul Uluum PUI Majalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_caver.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Lembar kerja siswa berbasis proyek berorientasi keterampilan proses sains siswa dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dianggap mampu mengajak siswa untuk berpikir lebih dalam mengenai hubungan antara aktivitas yang dikerjakan di laboratorium dengan teori yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan lembar kerja siswa berbasis proyek dalam pembuatan soyghurt berorientasi keterampilan proses sains, serta untuk menganalisis keterampilan proses sains setelah penerapan lembar kerja siswa berbasis proyek dalam pembuatan soyghurt pada konsep koloid di kelas XI IPA MA Daarul Uluum PUI Majalengka. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan dan dokumentasi, serta pengisian LKS pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penerapan lembar kerja siswa ini mengikuti tahapan dari pembelajaran berbasis proyek yang dimulai dari menganalisis masalah; membuat desain; melaksanakan penelitian; menyusun draft/prototype produk; mengukur, menilai, dan memperbaiki produk; serta finalisasi dan publikasi produk. Hasil penerapan lembar kerja siswa berbasis proyek dalam pembuatan soyghurt berorientasi keterampilan proses sains secara deskriptif menunjukkan hasil yang baik sekali dengan nilai rata-rata 85,1. Indikator keterampilan proses sains yang dikembangkan yaitu mengajukan pertanyaan, berhipotesis, menerapkan konsep atau prinsip, merencanakan percobaan atau penyelidikan, melakukan pengamatan (observasi), mengelompokkan, menafsirkan hasil pengamatan, berkomunikasi, dan keterampilan menyimpulkan. Hasil penerapan lembar kerja siswa menunjukkan berkembangnya keterampilan proses sains yang berdasarkan hasil analisis memperoleh nilai rata-rata 83,3 dengan kategori baik sekali. Namun produk yang dihasilkan belum menunjukkan hasil maksimal, disebabkan warna produk yang kuning pucat, rasa produk yang kurang masam, serta pH produk yang dihasilkan yaitu 5.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa Berbasis Proyek; Soyghurt; Keterampilan Proses Sains
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:01
Last Modified: 18 Aug 2018 04:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item View Item