Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis media canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Quasi Eksperimen Siswa kelas XI SMA PGRI 03 Kota Bandung

Armana, R. Bagus (2025) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis media canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Quasi Eksperimen Siswa kelas XI SMA PGRI 03 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

R. Bagus Armana, 1212020203, 2025. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Media Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 03 Kota Bandung) Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa pada kelas XI di SMA PGRI Kota Bandung banyak siswa yang nilai PAI di bawah KKM 70 yang tergolong rendah. Hal ini dikaitkan dengan ketidaktepatan dalam memilih penerapan model pembelajaran dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Media Canva dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI di SMA PGRI 03 Kota Bandung sesudah diterapkannya Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hasil belajar siswa salah satu faktor yang mempengaruhi penerapan model dan media pembelajaran. Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dipilih karena mampu membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran secara koperatif dan mampu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa. Sedangkan canva menjadi alat bantu visual menarik yang bersifat interaktif serta inovatif yang memugkinkan untuk siswa mengekspresikan ide – ide mereka secara kreatif melalui desain grafis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperiment tipe non – equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu: kelas XI – 4 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan XI – 5 sebagai kelas kontrol yang mengunakan metode ceramah. Data diperoleh melalui observasi, tes pre – test dan post – test dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa data kualitatif yang menggunakan pendekatan logika dan data kuantitatif menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis media canva berjalan dengan sangat baik dengan data hasil observasi 90%. (2) peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berdasarkan hasil Uji N – Gain sebesar 0,3623 dengan kategori sedang. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji Paired Sample T – Test menghasilkan signifikan 0.00 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan. Dengan demikian penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbasis media canva efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC);Media canva;Hasil Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: R Bagus Ar R. Bagus Armana
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:26
Last Modified: 10 Sep 2025 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118592

Actions (login required)

View Item View Item