Peran gender dalam keluarga petani: Studi deskriptif pada masyarakat yang bermata pencaharian petani di kampung Cidalem Desa Wanasari Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur

Rohimah, Siti (2016) Peran gender dalam keluarga petani: Studi deskriptif pada masyarakat yang bermata pencaharian petani di kampung Cidalem Desa Wanasari Kecamatan Agrabinta Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan dalam pola pembagian kerja antara perempuan dan laki-laki (suami istri) yang tidak seimbang di Kampung Cidalem, Desa Wanasari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, sehingga menimbulkan adanya kesenjangan, seperti adanya stereotip atau pelabelan negatif terhadap kaum perempuan serta adanya beban ganda (Double burden) yang dialami kaum perempuan pada umumnya, sehingga curahan waktu yang dihabiskan perempuan untuk bekerja lebih tinggi daripada curahan waktu bekerja laki-laki. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui pola pembagian peran gender antara laki-laki dan perempuan pada sektor domestik dan publik di Kampung Cidalem; (2) Untuk mengetahui bentuk kesenjangan gender yang terjadi di Kampung Cidalem; (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan gender di Kampung Cidalem. Penelitian ini menggunakan teori dan uraian yang berkaitan dengan peran gender dalam keluarga petani, diantaranya adalah sebagai berikut: (1) Pengertian peran gender; (2) Konsep pembagian peran gender; (3) Konsep kesenjangan gender; (4) Perspektif sosiologi fungsionalisme struktural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode deskriptif dipilih untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti untuk selanjutnya dianalisis secara utuh. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam kepada masyarakat Kampung Cidalem. Selain itu, dilengkapi juga dengan data lain seperti referensi dalam bentuk buku-buku yang relevan dengan tema penelitian. Adapun hasil penelitian yang ditemukan di lapangan adalah sebagai berikut: (1) Pembagian peran gender antara laki-laki dan perempuan dalam keluarga petani terdiri dari peran domestik dan publik. Peran domestik atau reproduktif secara umum lebih didominasi oleh perempuan. Sementara itu, peran publik dibagi menjadi dua yakni peran produktif dan peran sosial kemasyarakatan. Secara umum kegiatan pada sektor publik lebih didominasi oleh laki-laki; (2) Terdapat beberapa kesenjangan gender yang terjadi di Kampung Cidalem diantaranya adalah adanya stereotip atau pelabelan negatif dan subordinasi (sikap penomorduaan) yang secara umum dialami kaum perempuan; (3) Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kesenjangan gender diantaranya yaitu pemahaman agama serta pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rasyida Rofiatun Nisa
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:00
Last Modified: 18 Aug 2018 04:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11861

Actions (login required)

View Item View Item