Parend, Labuda Salva (2025) Pengaruh Kualitas Layanan Akomodasi Paket Umrah Resmi Harga Backpacker terhadap Tingkat Kepuasan Jemaah (Penelitian di PT Dago Wisata Internasional pada Periode Desember Tahun 2024). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_Cover.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (SK Bebas Plagiarism)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
4_daftarisi.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_babI.pdf Download (481kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_babII.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (Lampiran)
10_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena minat masyarakat terhadap perjalanan umrah dengan harga terjangkau mengalami peningkatan yang signifikan. Tren ini memunculkan segmen baru yaitu paket umrah resmi harga backpacker yang menawarkan biaya lebih rendah namun tetap harus menjamin kenyaman dan kelancaran ibadah. Salah satu aspek layanan yang sangat berpengaruh dalam perjalanan umrah adalah akomodasi, karena fasilitas tempat tinggal selama di tanah suci menjadi faktor krusial dalam menentukan kepuasan jemaah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan akomodasi terhadap tingkat kepuasan jemaah umrah di PT Dago Wisata Internasional pada Periode Desember Tahun 2024. Fokus penelitian ini adalah menjawab pertanyaan sejauh mana dimensi layanan akomodasi seperti kenyamanan, kebersihan, lokasi yang strategis, dan pelayanan mempengaruhi presepsi puas atau tidak puasanya jemaah terhadap penyelenggara perjalanan ibadah umrah. Secara teori, penelitian ini mengacu pada model Servqual dari Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988), yang menilai kualitas layanan melaui lima dimensi utama yaitu reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (bukti fisik). Selain itu, kepuasan jemaah diukur berdasarkan teori kepuasan pelanggan melalui dimensi harapan, persepsi layanan yang diterima, konfirmasi atau diskonfirmasi, dan perilaku mengeluh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yaitu seluruh jemaah yang berangkat melalui PT Dago Wisata Internasional pada paket Umrah Resmi harga Backpacker Periode Desember 2024 berjumlah 49 orang dijadikan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan akomodasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan jemaah, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,367 dan R Square sebesar 0,540. Selain itu, uji korelasi Pearson menghasilkan nilai 0,735 dengan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat hubungan kuat dan signifikan antara kualitas akomodasi dan kepuasan jemaah. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas akomodasi secara langsung meningkatkan kepuasan pelanggan meskipun berada dalam batasan harga murah atau backpacker.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan; Akomodasi; Umrah Backpacker |
Subjects: | Travel on Extraterrestrial World History of Modern Arab > History of Saudi Arab |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Labuda Salva Parend |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 06:16 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 06:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/118641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |