Penerapan Digitalisasi Pelayanan Publik melalui Website Tahu Sumedang di Kecamatan Cimanggung

Hardianti, Gita Putri (2025) Penerapan Digitalisasi Pelayanan Publik melalui Website Tahu Sumedang di Kecamatan Cimanggung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi digitalisasi pelayanan publik yang mulai diterapkan melalui website Tahu Sumedang di Kabupaten Sumedang. Sebagai salah satu bentuk inovasi pelayanan berbasis teknologi, website ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan keterjangkauan layanan publik. Namun, dalam praktiknya, pemanfaatan sistem digital di tingkat kecamatan, khususnya di Kecamatan Cimanggung, masih menghadapi berbagai tantangan teknis dan sosial yang mempengaruhi optimalisasi penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi digitalisasi pelayanan publik melalui website Tahu Sumedang di Kecamatan Cimanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan empat informan, observasi langsung pada proses pelayanan, serta dokumentasi untuk memperkuat temuan. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, kemudian dikaji menggunakan lima dimensi digitalisasi pelayanan publik menurut Darrell M. West, yaitu aksesibilitas, transparansi, interaktivitas, efisiensi, serta keamanan dan privasi data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pelaksanaan pelayanan digital melalui website sudah berjalan dengan sistem yang cukup lengkap dan user-friendly. Website menyediakan berbagai fitur pelayanan kependudukan, pelaporan, dan perizinan yang dapat diakses oleh masyarakat secara daring. Namun, masih terdapat hambatan seperti keterbatasan literasi digital, kualitas sinyal internet di beberapa desa, dan belum optimalnya pemanfaatan fitur oleh masyarakat secara mandiri.Kecamatan Cimanggung sebagai perantara pelayanan publik tetap menjalankan peran pendampingan secara langsung kepada masyarakat yang mengalami kesulitan mengakses layanan digital. Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan digitalisasi pelayanan publik tidak hanya ditentukan oleh tersedianya sistem, tetapi juga oleh kesiapan SDM, dukungan infrastruktur, dan strategi komunikasi pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi; Pelayanan Publik; Website Tahu Sumedang; Kecamatan Cimanggung.
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Gita Putri Hardianti
Date Deposited: 13 Sep 2025 02:23
Last Modified: 13 Sep 2025 02:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119010

Actions (login required)

View Item View Item