Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan Mathematical Habits of Mind melalui model pembelajaran M-APOS (Modification, Action, Process, Object, Schema)

Maudy, Widiana (2025) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan Mathematical Habits of Mind melalui model pembelajaran M-APOS (Modification, Action, Process, Object, Schema). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Text (COVER).pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text (ABSTRAK).pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text (SURAT KETERANGAN CEK PLAGIARISME).pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text (DAFTAR ISI).pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Text (BAB 1).pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
Text (BAB 2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
Text (BAB 3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text
Text (BAB 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
Text (LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan. Model Pembelajaran M-APOS (Modification, Action, Process, Object, Schema) menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan mathematical habits of mind. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Subjek terdiri dari dua kelas yang diberi perlakuan berbeda: kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran M-APOS dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sekolah menengah pertama dan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara tidak acak. Instrumen utama penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kritis matematis dengan validitas dan reliabilitas berkategori tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran, (b) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa (c) Mathematical habits of mind siswa model pembelajaran M-APOS dengan pembelajaran konvensional. Hasil dari penelitian ini yaitu: (a) Keterlaksanaan proses pembelajaran dikategorikan baik, (b) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan model M-APOS lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional, (c) Mathematical habits of mind siswa dengan model M-APOS lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; M-APOS (Modification, Action, Process, Object, Schema); Mathematical Habits of Mind
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Widiana Maudy
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:15
Last Modified: 11 Sep 2025 04:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119036

Actions (login required)

View Item View Item