Pengembangan E-LKPD berbasis Topworksheet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengantar instrumen digital

Nurhasanah, Solihah (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Topworksheet untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengantar instrumen digital. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berkat kemajuan teknologi digital, kini tersedia E-LKPD yang berbasis aplikasi Topworksheet, memungkinkan penyajian lembar kerja secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatakn hasil belajar peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbasis Topworksheet. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model AIDEE (Analysis, Design, Research, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA di SMA Bina 1 Baleendah. Instrumen penelitian meliputi validasi ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran untuk mengembangkan media, untuk keterlaksanaan pembelajarannya lembar observasi, serta tes soal hasil belajar peserta didik untuk peningkatan proses hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken’V, perhitungan observasi, uji N-gain, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa E-LKPD yang dikembangkan sangat layak dengan indeks validitas > 0,878 , keterlaksanaan pembelajaran mencapai 88% oleh guru dan 84,5% oleh peserta didik dengan koefisien kesepakatan masing-masing sebesar 0,81 dan 0,75 . Peningkatan hasil belajar peserta didik tergolong tinggi, dengan nilai N-gain sebesar 0,79. Uji t menujukan nilai signifikansi 0,001, yang mengidikasikan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang menunjukan peningkatan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, E-LKPD yang dikembangkan dengan bantuan Topworksheet ini terbukti layak pakai dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Riset ini juga menunjukkan bahwa E-LKPD punya potensi besar sebagai alat belajar yang ampuh di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD berbasis Topworksheet; Hasil belajar peserta didik; Pengantar Instrumen Digital
Subjects: Adult Education
Electricity
Modern Physics > Structure of Matter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Solihah Solihah Nurhasanah
Date Deposited: 13 Sep 2025 02:15
Last Modified: 13 Sep 2025 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119141

Actions (login required)

View Item View Item