Penerapan pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individually untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: PTK di kelas V MI Miftahul Huda Kota Bandung

Pitria, Nurfa Izzah (2025) Penerapan pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individually untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa: PTK di kelas V MI Miftahul Huda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIAT)
surat Keterangan Bebas Plagiasi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan informasi yang di dapat dari guru matematika MI Miftahul Huda Kota Bandung. Berdasarkan hal tersebut, siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dalam aspek memecahkan masalah. Hal ini dibuktikan dari hasil ulangan matematika siswa dengan ketuntasan 48%, di mana dari 21 siswa hanya 10 siswa yang nilainya di atas KKM dan 11 siswa di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui 1) Pemahaman matematis peserta didik sebelum diterapkannya pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individually (TAI) pada mata pelajaran Matematika materi rasio dan diagram di kelas V MI Miftahul Huda Kota Bandung. 2) Proses penerapan pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individually (TAI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi rasio dan diagram kelas V di MI Miftahul Huda Kota Bandung pada setiap siklus. 3) Kemampuan pemahaman matematis peserta didik setelah penerapan pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individually (TAI) pada mata pelajaran Matematika materi rasio dan diagram kelas V di MI Miftahul Huda Kota Bandung pada akhir siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data melalui perhitungan nilai individu, rata-rata, ketuntasan belajar klasikal, dan hasil observasi pembelajaran di setiap siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan di setiap siklus. Pada tahap pra siklus, di dapatkan rata-rata nilai siswa sebesar 62, dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 47%. Setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individually (TAI) pada siklus I, hasil meningkat menjadi 69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 71%. Kemudian pada siklus II, rata-rata nilai siswa naik menjadi 72 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 82%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative tipe Team Assisted Individually (TAI) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa secara signifikan di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Model Pembelajaran cooperative; Pemahaman Matematis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurfa Izzah Pitria
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:07
Last Modified: 15 Sep 2025 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119186

Actions (login required)

View Item View Item