Pengembangan E-LKPD berbasis Padlet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Fluida Statis

Shidiq, M Abduh (2025) Pengembangan E-LKPD berbasis Padlet untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi Fluida Statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf - Cover Image

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf - Other

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran fisika serta minimnya penggunaan media digital interaktif menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik melalui penggunaan E-LKPD berbasis Padlet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode Research and Development (R&D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAS Islam Al-Musyawarah Lembang 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi validasi ahli materi dan media, lembar observasi keterlaksanaan, serta soal keterampilan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan validitas Aiken’s V, presentase kelayakan, persentase keterlaksanaan, uji N-gain, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD sangat layak dengan NP 90% dan nilai Aiken’s V 0,88, keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan nilai 84,72%, dan keterampilan pemecahan masalah meningkat dengan nilai N-gain 0,60 (kategori sedang). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi <0,001 yang menandakan terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Dengan demikian, E-LKPD berbasis Padlet efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Padlet; Fluida Statis; Keterampilan Pemecahan Masalah, ADDIE.
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: M Abduh Shidiq
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:12
Last Modified: 12 Sep 2025 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119211

Actions (login required)

View Item View Item