Cahya, Rhizka (2025) Penerapan teknik ask the winner untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial di Fase B. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
1. BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA barupdf.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran-lampirandocx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa fase B di SD Negri Cibentar yang disebabkan oleh beberapa masalah yang terjadi diantaranya kepadatan jumlah peserta didik di kelas yang mengakibatkan siswa kurang aktif di dalam pembelajaran dan guru kesulitan dalam mengelola kelas serta siswa yang tidak mengerti akan pelajaran tidak mau bertanya kepada guru maupun teman sebayanya. Hal ini mengakibatkan hasil belajar kognitif siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diterapkan teknik ask the winner fase B di SD Negri Cibentar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menduga bahwa penggunaan dan penerapan teknik ask the winner dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam dan sosial. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) atau biasa disebut dengan penelitian campuran, yang dilakukan dalam tiga siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan tes uraian. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menghitung nilai rata-rata, ketuntasan klasikal dan ketuntasan individu serta analisis hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar kognitif pada setiap siklusnya. Pada pra siklus sebelum di terapkan teknik ask the winner hasil belajar ketuntasan klasikal siswa yaitu 26,82% dengan nilai rata-rata 52,68. Dan ketika di terapkannya teknik ask the winner di setiap siklus dan tindakannya terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan 24% yaitu menjadi 51% dengan nilai rata-rata 70,25, pada siklus II terjadi peningkatan 16% yaitu menjadi 67% dengan nilai rata-rata 72,05 dan pada siklus III terjadi peningkatan 16% yaitu menjadi 83% dengan nilai rata-rata 85,73.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif; Teknik ask the winner; Penelitian tindakan kelas; pelajaran ipas |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Caca Cahya Rhizka |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |