Adisti, Miranda (2025) Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal (membatik) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf Download (522kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (841kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan e-modul berbasis kearifan lokal, menelaah keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan e-modul, serta mengukur peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah penerapannya. Inovasi yang dikembangkan berupa e-modul berbasis kearifan lokal (membatik) yang dirancang guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA di salah satu SMA Margahayu. Instrumen yang digunakan meliputi validasi oleh para ahli, lembar observasi, serta soal berpikir kritis. Analisis data dilakukan menggunakan uji validitas Aiken’s V, perhitungan N-gain, dan uji-t. Hasil validasi menunjukkan e-modul sangat valid dan layak digunakan. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 91,62% dan oleh peserta didik 86,47%, keduanya dalam kategori Sangat Baik. Penggunaan E-modul terbukti efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, ditunjukkan oleh nilai N gain sebesar 0,75 pada kategori tinggi dan hasil uji-t dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan e-modul.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; Kearifan Lokal; Membatik; Berpikir Kritis; Suhu dan Kalor |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Depositing User: | miranda adisti |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 06:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 06:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119254 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |