Pengaruh peran guru sebagai fasilitator terhadap manajemen pembelajaran : Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 dan Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 4 Cibiru Kota Bandung

Adiwidjaya, Luthfi Permana (2025) Pengaruh peran guru sebagai fasilitator terhadap manajemen pembelajaran : Penelitian di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 dan Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 4 Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di era globalisasi menuntut guru untuk tidak hanya berperan sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan belajar interaktif, demokratis, dan memberdayakan peserta didik. Di SMK Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 4 Cibiru Kota Bandung, peran ini menjadi krusial dalam mendukung manajemen pembelajaran yang efektif, meskipun masih dihadapkan pada tantangan seperti kurangnya pelatihan guru dan kesenjangan antara teori serta praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator terhadap manajemen pembelajaran, serta pengaruh peran guru sebagai fasilitator terhadap manajemen pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 dan Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 4 Cibiru Kota Bandung. Penelitian ini berfokus pada tiga tujuan: (1) Mengetahui peran guru sebagai fasilitator, (2) Mengetahui manajemen pembelajaran, dan (3) Mengetahui pengaruh peran guru sebagai fasilitator terhadap manajemen pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah guru di kedua sekolah tersebut dengan jumlah responden sebanyak 49 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket model skala Likert dan dokumentasi, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji-t, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,50. Manajemen pembelajaran juga berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,47. Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara peran guru sebagai fasilitator terhadap manajemen pembelajaran dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 13,081 > t tabel 1,677. Koefisien determinasi (R²) sebesar 78,5% menunjukkan bahwa peran guru sebagai fasilitator berpengaruh terhadap manajemen pembelajaran sebesar 78,5%. sedangkan sisanya sebesar 21,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dengan demikian, peran guru sebagai fasilitator terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan manajemen pembelajaran di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, peningkatan kompetensi guru dalam menjalankan peran fasilitator menjadi aspek penting guna menunjang keberhasilan proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru; Fasilitator; Manajemen Pembelajaran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Luthfi Permana Adiwidjaya
Date Deposited: 12 Sep 2025 06:46
Last Modified: 12 Sep 2025 06:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119401

Actions (login required)

View Item View Item