Peran Pendidikan Islam dalam mewujudkan Muslim Nusantara yang Moderat, Toleran dan Maju

Syarif, Nurrohman (2018) Peran Pendidikan Islam dalam mewujudkan Muslim Nusantara yang Moderat, Toleran dan Maju. Discussion Paper. Fakultas Syariah dan Hukum , UIN SGD, Bandung, Bandung. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Peran Pendidikan Islam dalam mewujudkan Muslim Nusantara yang Moderat, Toleran dan Maju.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Pada saat Nahdlatul Ulama (NU) mengangkat Islam Nusantara sebagai tema yang digunakan Muktamar ke 33 di Jombang pada bulan Agustus 2015, muncul sejumlah komentar termasuk dari kalangan NU sendiri. Komentar-komentar itu mengerucut pada dua pandangan yang berbeda. Pandangan pertama menyatakan bahwa Islam pada dasarnya satu. Oleh karena itu penyebutan Islam Nusantara tidak tepat karena akan memberikan kesan bahwa Islam itu macam-macam, ada Islam Nusantara, Islam Jawa, Islam Sunda , Islam Arab dan seterusnya. Sebab para penganut agama ini tidak hanya percaya dan menyembah Tuhan yang sama yang Mahaesa tapi juga percaya pada kitab suci yang sama, kiblat yang sama. Pandangan kedua menyatakan bahwa Islam dilihat dari kitab sucinya, nabinya dan kiblatnya memag satu tapi kalau dilihat dari cara umat Islam memahami dan mengamalkan ajaran agamanya bisa berbeda antara satu tempat dengan tempat yang lain. Sebab, Islam sebagai agama yang bersumber dari wahyu hadir bukan pada ruang yang kosong dari tradisi atau budaya local. Tidak semua tradisi atau budaya Arab saat turunnya Islam dihilangkan. Sebagian dari tradisi dan budaya yang pada waktu itu ada yang dibiarkan atau dilanjutkan, ada pula yang dimodifikasi atau direfisi. Proses yang sama juga terjadi pada saat Islam keluar dari jazirah Arab menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Terlepas dari kontroversi seputar penyebutan istilah Islam Nusantara, para Muslim yang hidup diwilayah nusantara dituntut untuk terus mengembankan ajaran Islam yang moderat (wasthiyah), toleran dan maju. Dan untuk memenuhi tuntutan itu, pendidikan Islam amat penting perannya. Tulisan ini bermaksud mengkaji peran yang sudah dan yang seharusnya dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dalam rangka menjaga dan mewujudkan Muslim Nusantara yang moderat, toleran dan maju.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Subjects: Islam Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Dr. Nurrohman Syarif
Date Deposited: 02 Aug 2018 18:56
Last Modified: 02 Aug 2018 18:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item View Item