Klasifikasi tempat wisata di Indonesia berdasarkan sentimen ulasan pengunjung menggunakan algoritma Bidirectional Encoder Representations From Transformers

Millah, Rd. Imam Saepul (2025) Klasifikasi tempat wisata di Indonesia berdasarkan sentimen ulasan pengunjung menggunakan algoritma Bidirectional Encoder Representations From Transformers. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PLAGIARISM)
3_Skbebasplagiarism.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DaftarIsi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata di Indonesia menghasilkan volume ulasan pengunjung pada platform digital yang sangat besar, sehingga sering kali menimbulkan information overload. Kondisi ini menyulitkan wisatawan dalam menyaring informasi yang relevan dan pengelola destinasi untuk memahami persepsi publik secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan mengevaluasi model klasifikasi tempat wisata di Indonesia berdasarkan sentimen pada ulasan pengunjung menggunakan algoritma Bidirectional Encoder Representations from Transformers (BERT). Metodologi yang digunakan adalah Cross-Industry Standard Process for Data Mining (CRISP-DM), yang mencakup tahap pengumpulan data ulasan dari Google Maps dan Tripadvisor, persiapan data, pemodelan, hingga evaluasi. Ulasan diklasifikasikan ke dalam dua kategori, yaitu sentimen positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model IndoBERT yang dikembangkan mampu mencapai kinerja sangat tinggi dengan tingkat akurasi terbaik sebesar 96,64%. Meskipun demikian, analisis lebih lanjut menunjukkan adanya pengaruh kuat dari ketidakseimbangan data, di mana model sangat unggul dalam mengenali kelas mayoritas (positif) namun belum optimal pada kelas minoritas (negatif). Penelitian ini membuktikan bahwa algoritma BERT sangat efektif untuk analisis sentimen berbahasa Indonesia dalam konteks pariwisata dan dapat menjadi landasan untuk pengembangan sistem informasi destinasi yang lebih cerdas dan berbasis data.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi Sentimen; BERT; Pariwisata; Ulasan Pengunjung; CRISP-DM; Natural Language Processing
Subjects: Data Processing, Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Rd. Imam Saepul Millah
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:15
Last Modified: 12 Sep 2025 08:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119469

Actions (login required)

View Item View Item