Penerapan media Learning Management System (LMS) versi moodle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Quasi-Eksperiment pada siswa kelas XI di SMAN 24 Kota Bandung

Muhtadin, Nurfadhilah Auliana (2025) Penerapan media Learning Management System (LMS) versi moodle untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian Quasi-Eksperiment pada siswa kelas XI di SMAN 24 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1 (8).pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan proses pendidikan, termasuk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP). Di satu sisi, metode pembelajaran konvensional yang selama ini digunakan telah mampu menyampaikan materi secara optimal melalui ceramah terstruktur dan penggunaan media cetak yang jelas. Mestinya, dengan kondisi tersebut, motivasi belajar siswa dapat tercapai secara maksimal. Namun di lain sisi, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah, ditandai dengan kurangnya antusiasme, minimnya partisipasi diskusi, rendahnya inisiatif bertanya, serta kecenderungan pasif selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI-BP sebelum penerapan Media Learning Management System (LMS) versi Moodle di SMAN 24 Kota Bandung. (2) Proses Penerapan Media Learning Management System (LMS) versi Moodle di SMAN 24 Kota Bandung. (3) Peningkatan Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran PAI-BP setelah penerapan Media Learning Management System (LMS) versi Moodle di SMAN 24 Kota Bandung. Kerangka berpikir berdasarkan asumsi teoritis bahwa penggunaan media pembelajaran yang interaktif dan fleksibel seperti LMS Moodle dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada PAI-BP. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI, yaitu kelas XI-C (36 siswa) sebagai kelompok eksperimen dengan pembelajaran menggunakan LMS Moodle, dan kelas XI-G (36 siswa) sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi angket motivasi belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji hipotesis menggunakan SPSS versi 31. Hasil penelitian menunjukkan: (1) motivasi belajar siswa sebelum penerapan berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata pre-respond 61,25 (eksperimen) dan 61,19 (kontrol); (2) proses penerapan LMS Moodle dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan memanfaatkan fitur forum diskusi, kuis, penugasan daring, serta materi multimedia; (3) motivasi belajar setelah penerapan meningkat signifikan, dengan rata-rata post-respond kelas eksperimen 105,78 lebih tinggi dibanding kelas kontrol 77,36. Uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan signifikan (sig. 0,000 < 0,05). Dan uji Wilcoxon menunjukkan signifikansi 0,000 (<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan LMS Moodle efektif meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama pada aspek keaktifan, kemandirian, minat, dan partisipasi dalam pembelajaran PAI-BP di SMAN 24 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; LMS Moodle; PAI-BP; Quasi-Eksperimen
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurfadhilah Auliana Muhtadin
Date Deposited: 13 Sep 2025 05:46
Last Modified: 15 Sep 2025 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119492

Actions (login required)

View Item View Item