Pengembangan modul elektronik berbasis PjBL untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi

Faturahman, Faturahman (2025) Pengembangan modul elektronik berbasis PjBL untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR KEASLIAN KARYA ILMIAH)
3_keasliankaryailmiah.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan modul elektronik berbasis PjBL, 2) keterlaksanaan menggunakan modul elektronik berbasis PjBL dan 3) peningkatan literasi sains peserta didik di sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian yakni seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Majalaya dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian mencakup validasi ahli materi, ahli media, ahli praktisi (guru fisika), lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta tes literasi sains. Teknik analisis meliputi validitas Aiken's V, analisis keterlaksanaan pembelajaran, perhitungan N-gain, dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan modul elektronik yang dikembangkan sangat layak dengan indeks validitas Aiken’s V 0,81, keterlaksanaan pembelajaran mencapai 84% untuk aktivitas guru dan 86% untuk aktivitas peserta didik dengan koefisien kesepakatan sebesar 0,79 dengan interpretasi sangat baik. Hasil uji t_hitung menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata pretest dan posttest. Peningkatan literasi sains peserta didik ditunjukkan oleh nilai N-gain 0,66 yang berarti peningkatan literasi sains cukup efektif. Dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis Project-Based Learning efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini menegaskan bahwa modul elektronik berbasis Project-Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik di tingkat SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: literasi sains; gelombang bunyi; modul elektronik; Padlet; project-based learning
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Faturahman Faturahman
Date Deposited: 15 Sep 2025 01:27
Last Modified: 15 Sep 2025 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119591

Actions (login required)

View Item View Item