Ramadhanti, Syahri (2025) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pengembangan E-LKPD berbantuan V-Lab dan model problem Baesd Learning menggunakan proteus 8 professional pada materi pengantar instrumen digital. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (233kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menekankan pendekatan yang berpusat pada peserta didik, penguasaan keterampilan berpikir kritis, serta pemanfaatan teknologi. Namun, metode yang kurang interaktif dan minimnya penggunaan teknologi menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada materi pengantar instrumen digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbantuan V-Lab menggunakan Proteus 8 Professional. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta mengadaptasi model ADDIE. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik kelas XII MIPA-1 SMA KP 2 Ciparay. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, observasi keterlaksanaan, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken’s V, analisis observasi, perhitungan N-Gain, serta uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-LKPD layak dengan skor validasi ahli sebesar 0,91, keterlaksanaan pembelajaran baik, yaitu 83,67% untuk guru dan 82,56% untuk peserta didik, serta nilai rata-rata penggunaan E-LKPD sebesar 3,51 atau 87,82% dengan kategori ‘Baik Sekali’. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tinggi dengan N-Gain 0,72 dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001), sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD berbantuan V-Lab; Problem Baesd Learning; Proteus 8 Professional; keterampilan berpikir kritis; pengantar instrument digital. |
Subjects: | Education Physics Applied Physics Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Syahri SR Ramadhanti |
Date Deposited: | 13 Sep 2025 04:20 |
Last Modified: | 13 Sep 2025 04:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |