Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pengembangan E-LKPD berbantuan V-Lab dan model problem Baesd Learning menggunakan proteus 8 professional pada materi pengantar instrumen digital

Ramadhanti, Syahri (2025) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pengembangan E-LKPD berbantuan V-Lab dan model problem Baesd Learning menggunakan proteus 8 professional pada materi pengantar instrumen digital. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menekankan pendekatan yang berpusat pada peserta didik, penguasaan keterampilan berpikir kritis, serta pemanfaatan teknologi. Namun, metode yang kurang interaktif dan minimnya penggunaan teknologi menyebabkan rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada materi pengantar instrumen digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbantuan V-Lab menggunakan Proteus 8 Professional. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, serta mengadaptasi model ADDIE. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik kelas XII MIPA-1 SMA KP 2 Ciparay. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, observasi keterlaksanaan, dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data dilakukan melalui uji validitas Aiken’s V, analisis observasi, perhitungan N-Gain, serta uji normalitas dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-LKPD layak dengan skor validasi ahli sebesar 0,91, keterlaksanaan pembelajaran baik, yaitu 83,67% untuk guru dan 82,56% untuk peserta didik, serta nilai rata-rata penggunaan E-LKPD sebesar 3,51 atau 87,82% dengan kategori ‘Baik Sekali’. Peningkatan keterampilan berpikir kritis tinggi dengan N-Gain 0,72 dan hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001), sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD berbantuan V-Lab; Problem Baesd Learning; Proteus 8 Professional; keterampilan berpikir kritis; pengantar instrument digital.
Subjects: Education
Physics
Applied Physics
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Syahri SR Ramadhanti
Date Deposited: 13 Sep 2025 04:20
Last Modified: 13 Sep 2025 04:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119659

Actions (login required)

View Item View Item