Yuliatmoko, Muhammad Wisnu (2025) Strategi komunikasi humas Direktorat Pendidikan Profesi Guru dalam mensosisalisasikan program Pendidikan Profesi Guru bagi calon guru (Prajabatan) : Studi deskriptif kualitatif pada Kementrian Pendidikan Dasar dan Menengah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGARISM)
3_skbebasplagarisme.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (793kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pentingnya peran humas dalam menyebarkan informasi kepada publik menjadi kunci keberhasilan sosialisasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Sebagai program strategis untuk mencetak guru professional, PPG memerlukan komunikasi yang efektif. Diperlukan strategi komunikasi untuk menyampaikan informasi secara jelas, serta memastikan pesan dipahami oleh calon peserta program PPG. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi komunikasi humas yang dilakukan oleh Tim Komunikasi Publik Direktorat PPG dalam mensosialisasikan program PPG bagi calon guru (prajabatan). Fokus utama penelitian ini yaitu pada tiga proses komunikasi yakni, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu: (1) perencanaan, yang mencakup kolaborasi dengan pemangku kepentingan, penyesuaian pesan dengan kemampuan audiens, penyusunan konten yang jelas, serta pemanfaatan media digital (Instagram, YouTube, website, dan microsite); (2) pelaksanaan, yang menitikberatkan pembangunan pada kredibilitas melalui keterlibatan pemangku kepentingan dan educreator, penggunaan bahasa sederhana, penyesuaian gaya komunikasi dengan karakter lulusan S-1, serta penyampaian informasi secara konsisten sesuai linimasa program; (3) evaluasi, yang dilakukan pasca program untuk menilai efektivitas media, respon audiens, serta pencapaian tujuan. Evaluasi menunjukkan bahwa strategi komunikasi berhasil menjangkau audiens luas, dibuktikan dengan tingginya partisipasi, antusiasme calon guru di media sosial, serta jumlah pendaftaran yang melebihi kuota.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi; PPG; Calon Guru; Humas |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | muhammad wisnu yuliatmoko |
Date Deposited: | 14 Sep 2025 22:41 |
Last Modified: | 14 Sep 2025 22:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |