Septianto, Rifki Ridwan (2025) Pembelajaran berbasis proyek pembuatan pupuk dari limbah sayuran menggunakan mikroorganismelokal untuk mengembangkan literasi lingkungan siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARSM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (289kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Volume sampah di Indonesia mengalami peningkatan dalam 2 tahun terakhir sebanyak 35,4%. Pada tahun 2024 volume sampah mencapai 38,2 ton yang didominasi oleh sampah organik sebanyak 53,3%, hal ini akan menjadi permasalahan serius yang berdampak terhadap pencemaran lingkungan. Kondisi ini menuntut adanya upaya edukatif yang tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga melibatkan pembelajaran yang kontekstual dalam kehidupan. salah satu pendekatan pembelajaran yang dinilai efektif adalah pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning), dengan dilibatkannya peserta didik secara aktif dalam menyelesaikan masalah yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan pupuk dari limbah sayuran menggunakan mikroorganisme lokal serta dampaknya terhadap pengembangan literasi lingkungan siswa. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang terlibat dalam aktivitas proyek mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, hingga evaluasi hasil. Data diperoleh melalui observasi, lembar kerja, dan tes literasi lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa karakteristik pupuk yang dihasilkan memiliki kadar air antara 20–25%, pH mendekati netral (5-6), tanpa adanya bahan ikutan. Terdapat perkembangan signifikan pada literasi lingkungan siswa, baik dari aspek pengetahuan, sikap, maupun tindakan konkret. Pembelajaran berbasis proyek terbukti memberikan pengalaman belajar yang kontekstual sekaligus mendorong kepedulian terhadap isu lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis proyek; literasi lingkungan; mikroorganisme lokal; limbah sayuran; pupuk organik; |
Subjects: | Education > General Publications of Education Elementary Education > Mathematics for Elementary Education Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rifki Septianto |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |