Pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal MInimum (KPMM) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Equity (ROE)Pada PT.BCA Syariah Periode 2012-2016

Afreda, Reidza Faza (2018) Pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal MInimum (KPMM) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return On Equity (ROE)Pada PT.BCA Syariah Periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah merupakan sebuah lembaga keuangan yang berfungsi sebagai penghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyrakat. Dimana tata cara, system dan kegiatan usahanya berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. Bank termasuk dalam kategori perusahan Karena kegiatannya tidak terlepas dari mencari laba. Maka laba penting bagi kelangsungan hidup bank dan perkembangan usahanya, untuk menghasilkan laba. Tujuan rasio keuangan merupakan suatu teknik analisis dalam bidang manajemen keuangan yang dimanfaatkan sebagai alat ukur kondisi-kondisi keuangan suatu perusahaan dalam periode tertentu. Rasio keuangan merupakan penilaian suatu kesehatan bank. Adapaun rasio-rasio keuangan meliputi: Rasio Likuiditas, Rasio Rentabilitas dan Rasio Solvabilitas. Namun pembahasan dalam skripsi ini tidak semua rasio keuangan dibahas hanya beberapa saja yang akan dibahas seperti: Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) , Quick Ratio (QR), dan Return On Equity (ROE).Tujuan dari penelitian ini adala untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh dari Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) , Quick Ratio (QR), dan Return On Equity (ROE) pada PT. BCA Syariah selama periode 2012-2016. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, analisis dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah laporan keuangan PT. BCA Syariah Tahun 2012-2016. Dalam penelitian ini terdapat tiga vaiabel yaitu Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Quick Ratio (QR) sebagai variabel independen dan Return on Equity (ROE) sebagai variabel dependen. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi linear berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (Uji t), dan analisis uji fisher (Uji F). Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh KPMM terhadap ROE adalah 0,546 atau 54,6% dan pengaruh QR terhadap ROE adalah 0,06025 atau 06,0025% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum dan Quick Ratio 0,660 atau 66,00% berpengaruh terhadap ROE, sedangkan sisanya 34,00% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa F_hitung adalah 16,571 dan F_tabel sebesar 3,59 dengan signifikansi sebesar 0,00%. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi yang signifikan antara Kewajiban Penyediaan Modal MInimum (KPMM) dan Quick Ratio (QR) terhadap Return on Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ;Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) ;Quick Ratio (QR) ;Return on Equity (ROE)
Subjects: Econmics
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: reidza faza afreda
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:31
Last Modified: 30 Jul 2018 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/11972

Actions (login required)

View Item View Item