Maula, Ai Minhatul (2025) Penerapan Liveworksheet dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan kognitif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (297kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Materi ikatan kimia merupakan konsep yang bersifat kompleks sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif dan pemecahan masalah. Pemanfaatan media liveworkssheet dalam model pembelajaran berbasis masalah diharapkan membantu peserta didik memahami materi secara lebih interaktif. Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas media liveworksheet yang dikombinasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMA Pesantren Cintawana Tasikmalaya yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar observasi aktivitas, LKPD berbasis liveworksheet, dan soal pretest–posttest yang disusun berdasarkan taksonomi Bloom revisi (C4–C6). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media liveworksheet layak digunakan dengan hasil validasi sebesar 0,8 > 0,3 (2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik sebesar 87; (3) Kemampuan peserta didik menyelesaikan LKPD menunjukkan kinerja yang optimal dengan rata-rata nilai 88 berada dalam kategori tinggi; dan (4) Terdapat peningkatan kemampuan kognitif peserta didik, ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,69 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penerapan liveworksheet dengan model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi ikatan kimia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ikatan Kimia; Kognitif Peserta didik; Liveworksheet; Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ai Minhatul Maula |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 05:59 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 05:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |