Penerapan Liveworksheet dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan kognitif peserta didik

Maula, Ai Minhatul (2025) Penerapan Liveworksheet dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan kognitif peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Materi ikatan kimia merupakan konsep yang bersifat kompleks sehingga diperlukan pendekatan pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif dan pemecahan masalah. Pemanfaatan media liveworkssheet dalam model pembelajaran berbasis masalah diharapkan membantu peserta didik memahami materi secara lebih interaktif. Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas media liveworksheet yang dikombinasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMA Pesantren Cintawana Tasikmalaya yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi, lembar observasi aktivitas, LKPD berbasis liveworksheet, dan soal pretest–posttest yang disusun berdasarkan taksonomi Bloom revisi (C4–C6). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media liveworksheet layak digunakan dengan hasil validasi sebesar 0,8 > 0,3 (2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik sebesar 87; (3) Kemampuan peserta didik menyelesaikan LKPD menunjukkan kinerja yang optimal dengan rata-rata nilai 88 berada dalam kategori tinggi; dan (4) Terdapat peningkatan kemampuan kognitif peserta didik, ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,69 yang termasuk kategori sedang. Dengan demikian, penerapan liveworksheet dengan model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ikatan Kimia; Kognitif Peserta didik; Liveworksheet; Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ai Minhatul Maula
Date Deposited: 15 Sep 2025 05:59
Last Modified: 15 Sep 2025 05:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119757

Actions (login required)

View Item View Item