Muslim, Bukhari (2018) Pengaruh kontrol sosial terhadap perilaku bullying. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung102.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakngi oleh banyaknya media masa yang memberitakan mengenai tindakan bullying yang dilakukan oleh peserta didik di sekolah. Peneliti pun bertanya-tanya bagaimana kontrol sosial yang ada di sekolah apakah berpengaruh atau tidak terhadap tindakan bullying. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik yang duduk di kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontrol sosial yang ada di sekolah terhadap perilaku bullying yang di lakukan oleh peserta didik. Serta memberikan edukasi kepada orang tua dan guru unutk lebih peka terhadap perkembangan dan permasalahan yang di hadapi oleh anak atau peserta didik terlebih lagi unutk memantau pergaulan anak atau peserta didik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan oleh Max Weber yang mengembangkan bagaimana memahami tindakan sosial yang berada di masyarakat. Teori kontrol sosial oleh Travis Hirchi. Travis Hirchi mengembangkan empat elemen yang harus diperhatikan dalam kontrol sosial, Attachment, Commitment, Invlovment, Belive. Teori perilaku bullying yang di kemukakakn oleh Astuti. Beliau mengemukakakn tentang faktor bullying terdapat dua tindakan yaitu verbal dan non-verbal. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner yang diberikan kepada responden dengan menjawab pertanyaan yang telah diberikan. Analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif, uji r, uji t, uji signifikasi, uji determinasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan yaitu berdasarkan uji signifikansi mendapatkan sebesar 0.365 yang berarda pada tingkat hubungan yang rendah. Jika tingkat kesalahan yang digunakan adalah 0.1 atau (10%) maka nilai tersebut (0.365) > dari 0,1 atau (10%) yang berarti Ho diterima, sehingga Tidak ada pengaruh signifikan antara kontrol sosial terhadap perilaku bullying di Madrasah Aliyah 2 Bandung dikelas XI. Artinya bahwa attachment, invlovment, commitment, dan belives terjalin dengan baik. kontrol sosial yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung berada ditingkat yang baik, sehingga bisa menekan tindakan bullying yang dilakukan oleh para peserta didik di kelas XI dan menjadikan keteraturan yang baik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontrol; sosial; perilaku; bulluing; |
Subjects: | Social Process > Social Control |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Bukhari Muslim |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 06:40 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11983 |
Actions (login required)
View Item |