Zahra, Zahidah (2025) Penerapan model pembelajaran Game Based Learning dengan metode Drill berbantuan Ludo untuk meningkatkan High Order Thinking Skills dan menurunkan Anxiety. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan Bebas Plagiarism.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik yang mengalami kesulitan, ditandai dengan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS) serta tingginya tingkat kecemasan matematika (Mathematics Anxiety). Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk meningkaatkan HOTS sekaligus menunrunkan tingkat kecemasan matematika melalui penerapan model Game Based Learning (GBL) dengan metode drill berbantuan ludo. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui peningkatan HOTS melalui penerapan model Game Based Learning (GBL) dengan metode drill berbantuan ludo, (2) melihat penurunan tingkat anxiety matematika peserta didik, serta (3) melihat apakah terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi antara peserta didik yang menggunakan GBL metode drill berbantuan ludo dengan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Data HOTS diperoleh melalui pretest dan posttest, sedangkan anxiety dianalisis melalui angket anxiety. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pembelajaran GBL dengan ludo lebih efektif dalam meningkatkan HOTS dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu hasil analisis angket menunjukkan adanya penurunan angket kecemasan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | High Order Thinking Skills (HOTS); Game Based Learning Berbantuan Ludo; Anxiety |
Subjects: | Mathematics Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zahidah Zahra |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:53 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |