Penerapan model pembelajaran Game Based Learning dengan metode Drill berbantuan Ludo untuk meningkatkan High Order Thinking Skills dan menurunkan Anxiety

Zahra, Zahidah (2025) Penerapan model pembelajaran Game Based Learning dengan metode Drill berbantuan Ludo untuk meningkatkan High Order Thinking Skills dan menurunkan Anxiety. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (790kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik yang mengalami kesulitan, ditandai dengan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS) serta tingginya tingkat kecemasan matematika (Mathematics Anxiety). Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya untuk meningkaatkan HOTS sekaligus menunrunkan tingkat kecemasan matematika melalui penerapan model Game Based Learning (GBL) dengan metode drill berbantuan ludo. Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui peningkatan HOTS melalui penerapan model Game Based Learning (GBL) dengan metode drill berbantuan ludo, (2) melihat penurunan tingkat anxiety matematika peserta didik, serta (3) melihat apakah terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi antara peserta didik yang menggunakan GBL metode drill berbantuan ludo dengan konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Data HOTS diperoleh melalui pretest dan posttest, sedangkan anxiety dianalisis melalui angket anxiety. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pembelajaran GBL dengan ludo lebih efektif dalam meningkatkan HOTS dibandingkan pembelajaran konvensional. Selain itu hasil analisis angket menunjukkan adanya penurunan angket kecemasan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: High Order Thinking Skills (HOTS); Game Based Learning Berbantuan Ludo; Anxiety
Subjects: Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Zahidah Zahra
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:53
Last Modified: 15 Sep 2025 03:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119904

Actions (login required)

View Item View Item