Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada Topik Glukoneogenesis

Nurhaliza, Siti (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada Topik Glukoneogenesis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftar isi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Glukoneogenesis merupakan bagian dari materi biokimia yang menjelaskan proses pembentukan glukosa dari sumber non-karbohidrat. Proses ini kompleks serta abstrak karena melibatkan serangkaian reaksi kimia yang rumit dengan banyak enzim dan organel sel. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang kompleks, diperlukan media pembelajaran yang khususnya dapat menggambarkan serta memvisualisasikan mekanisme glukoneogenesis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media pembelajaran, menganalisis hasil uji validasi dan menganalisis hasil uji kelayakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mekanisme glukoneogenesis. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu Design Based Research (DBR) dengan pendekatan ADDIE yang hanya dilakukan pada tahap analysis (analisis), tahap design (desain) dan tahap development (pengembangan). Tampilan media pembelajaran yang dihasilkan berisi 6 main menu utama yang mencakup petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi, scan AR, kuis, dan profil penyusunan. Hasil uji validasi secara keseluruhan didapat rhitung 0,803 dan dinyatakan valid. Sedangkan hasil uji kelayakan didapatkan persentase kelayakan 87,61%. Berdasarkan persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR pada mekanisme glukoneogenesis layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality; Biokimia; Media pembelajaran; Mekanisme; Glukoneogenesis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Organic Chemistry
Organic Chemistry > Organic Chemical Reactions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Siti Nurhaliza
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:03
Last Modified: 18 Sep 2025 03:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119929

Actions (login required)

View Item View Item