Nurhaliza, Siti (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality pada Topik Glukoneogenesis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Glukoneogenesis merupakan bagian dari materi biokimia yang menjelaskan proses pembentukan glukosa dari sumber non-karbohidrat. Proses ini kompleks serta abstrak karena melibatkan serangkaian reaksi kimia yang rumit dengan banyak enzim dan organel sel. Untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang kompleks, diperlukan media pembelajaran yang khususnya dapat menggambarkan serta memvisualisasikan mekanisme glukoneogenesis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media pembelajaran, menganalisis hasil uji validasi dan menganalisis hasil uji kelayakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mekanisme glukoneogenesis. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu Design Based Research (DBR) dengan pendekatan ADDIE yang hanya dilakukan pada tahap analysis (analisis), tahap design (desain) dan tahap development (pengembangan). Tampilan media pembelajaran yang dihasilkan berisi 6 main menu utama yang mencakup petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi, scan AR, kuis, dan profil penyusunan. Hasil uji validasi secara keseluruhan didapat rhitung 0,803 dan dinyatakan valid. Sedangkan hasil uji kelayakan didapatkan persentase kelayakan 87,61%. Berdasarkan persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR pada mekanisme glukoneogenesis layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality; Biokimia; Media pembelajaran; Mekanisme; Glukoneogenesis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Organic Chemistry Organic Chemistry > Organic Chemical Reactions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Siti Nurhaliza |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:03 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 03:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/119929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |