Pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2012-2016

Subagya, Septian Deri (2018) Pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pemikiran pokok yang mencantumkan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) yang berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Bank Syari’ah Bukopin. KPMM merupakan rasio untuk mengukur solvabilitas (rasio modal), FDR rasio untuk mengukur koposisi jumlah pembiayaan sendiri yang digunakan. Salah satu indikator yang paling tepat untuk mengukur kinaerja suatu perusahaan adalah profitabilitas yaitu Return On Equity (ROE). Apabila diperoleh tingkat KPMM tinggi maka keuntungan akan lebih besar, begitu pula dengan FDR tinggi maka keuntungan akan lebih besar terhadap Return On Equity (ROE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Financing to Deposit Ratio terhadap Return On Equity (ROE) pada PT. Syari’ah Bukopin Selama Periode 2012-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif verifikatif. Data yang digunakan adalah laporan keuangan PT. Syari’ah Bukopin periode 2012-2016. Dalam penelitian ini terdapat tiga vaiabel yaitu Dalam penelitian ini terdapat tiga vaiabel yaitu Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) sebagai variabel independen dan Return On Equity (ROE) sebagai variabel dependen. Analisis yang digunakan adalah regresi sederhana, regresi linear berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM), analisis korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis (Uji t), dan analisis uji fisher (Uji F). Hasil penelitian menunjukan secara parsial nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) terhadap ROA adalah 0,1296 atau 12,96 % dan pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE) adalah 18,1476 atau 18,15% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) 0,514 atau 51,4% berpengaruh terhadap Return On Equity (ROE), sedangkan sisanya 48,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa F_hitung adalah 8.993 dan F_tabel sebesar 3,59 dengan signifikansi sebesar 00,2%. Artinya, terdapat pengaruh dan kontribusi antara Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM;) Financing to Deposit Ratio; Return On Equity (ROE)
Subjects: Islam > Islam and Economics
Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Septian Deri Subagya
Date Deposited: 12 Sep 2018 01:07
Last Modified: 12 Sep 2018 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11996

Actions (login required)

View Item View Item