Abidin, Gima (2025) Implemetasi pelayanan Bimbingan Manasik Haji terhadap peningkatan kualitas Jemaah : Studi deskriptif pada KBIHU Sutaatmadja Kabupaten Subang tahun 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
![]() |
Text (SK PLAGIARISME)
3_skplagiarism.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena yang ada di KBIHU Sutaatmadja Kabupaten Subang. Setiap tahunnya jumlah calon jemaah haji yang mengikuti manasik haji selalu banyak, padahal masih ada beberapa KBIHU di Kabupaten Subang yang masih kekurangan calon jemaah haji. penulis berasumsi ada sesuatu yang menjadi nilai lebih pada KBIHU Sutaatmadja ini, sehingga kepercayaan dari masyarakat khususnya calon jemaah haji masih tetap terjaga. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui Proses Implemetasi Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Terhadap Peningkatan Kualitas Jemaah Haji di KBIHU Sutaatmadja Kabupaten Subang Tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses implementasi pelayanan bimbingan manasik haji yang dilakukan oleh KBIHU Sutaatmadja terhadap peningkatan kualitas jemaah haji tahun 2024. Untuk menjadi bahan pijakan, dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori yang dikemukakan oleh George R. Terry. George R. Terry mengatakan bahwa “Implementasi atau pelaksanaan (Actuating) adalah; Sebagai usaha untuk menggerakkan anggota kelompok dengan berbagai cara hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan dan anggota perusahaan yang bersangkutan hingga mereka tergerak untuk mencapai sasaran itu.” Untuk melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian dengan paradigma berfikir Kontruktivisme. Artinya sebuah kerangka berfikir yang menyatakan bahwa pengetahuan dan pemahaman tidak diperoleh secara pasif, melainkan dibangun secara aktif oleh individu melalui pengalaman dan interaksi sosial. Begitu juga dalam metode penelitian ini, penulis menggunakan metode Deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara langsung yaitu: Observasi, Dokumentasi dan Wawancara kepada pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses Implementasi Pelayanan Bimbingan Manasik Haji Terhadap Peningkatan Kualitas Jemaah yang dilakukan oleh KBIHU Sutaatmadja Kabupaten Subang menggunakan berbagai metode, yaitu; metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode simulasi. Dalam pelaksanaannya KBIHU Sutaatmadja di dukung oleh beberapa faktor, yaitu: Aturan dan regulasi yang jelas, Motifasi yang tinggi dari Jemaah, Sarana dan prasarana yang memadai, Kompetensi Instruktur yang bagus, Ketua Yayasan Sutaatmadja mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap seluruh kegiatan di KBIHU Sutaatmadja. Namun demikian tetap ada yang menjadi factor penghambatnya, yaitu; Waktu bimbingan manasik yang terlalu singkat, latar belakang Jemaah yang berbeda, dan adanya persaingan rekrutmen calon Jemaah haji diantara KBIHU yang ada di Kabupaten Subang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pelayanan; Bimbingan Manasik Haji; KBIHU; Sutaatmadja Kabupaten Subang; kualitas jamaah; |
Subjects: | General Management General Management > Data Processing and Analysis of Management General Management > Organizations General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Gima Abidin Abidin |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:19 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |