Pengaruh manajemen pengembangan kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung

Putri, Meliza (2025) Pengaruh manajemen pengembangan kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Keterangan Bebas Plagiarism)
Lembar Pernyataan Karya Ilmiah.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung masih perlu ditingkatkan dan diperbaiki, terutama pada perencanaan program pengembangan kompetensi profesional guru untuk mutu pembelajaran di madrasah. Beberapa permasalahan yang menjadi tantangan, antara lain: jadwal untuk melakukan program pengembangan kompetensi profesional guru belum sepenuhnya sesuai dan alokasi sumber daya yang belum sepenuhnya memadai. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Mendeskripsikan manajemen pengembangan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. 2) Mendeskripsikan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. 3) Menganalisis pengaruh manajemen pengembangan kompetensi profesional guru terhadap mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Sampel dalam penelitian ini yaitu 65 guru sebagai responden. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu angket penelitian sebagai teknik utama dan dokumentasi sebagai pendukung hasil penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini, meliputi: uji instrumen, uji statistik uji parsial per indikator, uji asumsi klasik, uji hipotesis, kemudian uji koefisien determinasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru memperoleh nilai rata-rata 3,58 dengan kategori “Tinggi”, kemudian Mutu Pembelajaran yang memperoleh nilai rata-rata 3,85 dengan kategori “Tinggi”. Hasil uji regresi linear sederhana nilai F hitung sebesar 80,121 dengan nilai signifikansi <0,001 nilai Sig nya adalah <0,001 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dan uji t parsial menunjukkan bahwa t hitung (8,951) > t tabel (1,998) dan nilai signifikansi <0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional terhadap Mutu Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Al-Inayah Kota Bandung. Kemudian, Koefisen determinasi membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dengan nilai R Square yang diperoleh adalah 0,560 atau 56% yang dapat ditafsirkan bahwa variabel Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru memiliki pengaruhi sebesar 56% terhadap Mutu Pembelajaran dan sisanya yaitu 44% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlunya peningkatan terhadap manajemen pengembangan kompetensi profesional guru terkhusus pada perencanaan dan alokasi sumber daya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen; pengembangan; kompetensi profesionall; mutu pembelajaran
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Meliza Putri _
Date Deposited: 16 Sep 2025 00:49
Last Modified: 16 Sep 2025 00:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120038

Actions (login required)

View Item View Item