Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan lotion kefir dengan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) untuk mengembangkan kinerja ilmiah peserta didik

Fauzi, Rangga Ahmad (2025) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan lotion kefir dengan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) untuk mengembangkan kinerja ilmiah peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_bebasplagiarism.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek, menganalisis pengembangan kinerja ilmiah setelah penerapan pembelajaran, serta mengidentifikasi karakteristik produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian terdiri dari 18 peserta didik kelas XI-F jurusan Farmasi di SMK Bhakti Sejahtera Jatinangor. Instrumen yang digunakan meliputi deskripsi pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar kerja peserta didik, lembar penilaian kinerja ilmiah, serta lembar penilaian produk dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik selama penerapan pembelajaran berbasis proyek memperoleh nilai rata-rata 93,8 dengan kategori sangat baik. Kinerja ilmiah yang diukur melalui enam aspek, yaitu (1) merumuskan masalah, (2) menyusun hipotesis, (3) merancang percobaan, (4) melaksanakan percobaan, (5) menginterpretasikan data dan (6) mengkomunikasikan hasil, memperoleh nilai rata-rata 93,4 dengan kategori sangat baik. Penilaian terhadap karakteristik produk secara keseluruhan memperoleh nilai 98,8 dengan kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan lotion kefir dengan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) dalam materi koloid dapat mengembangkan kinerja ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak daun kersen; kinerja ilmiah; lembar kerja peserta didik; lotion; pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Education, Research
Chemistry and Allied Science
Procedures, Equipment of Chemistry
Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rangga Ahmad Fauzi
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:42
Last Modified: 18 Sep 2025 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120432

Actions (login required)

View Item View Item