Fauzi, Rangga Ahmad (2025) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan lotion kefir dengan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) untuk mengembangkan kinerja ilmiah peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
3_bebasplagiarism.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (256kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek, menganalisis pengembangan kinerja ilmiah setelah penerapan pembelajaran, serta mengidentifikasi karakteristik produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one-shot case study. Subjek penelitian terdiri dari 18 peserta didik kelas XI-F jurusan Farmasi di SMK Bhakti Sejahtera Jatinangor. Instrumen yang digunakan meliputi deskripsi pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar kerja peserta didik, lembar penilaian kinerja ilmiah, serta lembar penilaian produk dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik selama penerapan pembelajaran berbasis proyek memperoleh nilai rata-rata 93,8 dengan kategori sangat baik. Kinerja ilmiah yang diukur melalui enam aspek, yaitu (1) merumuskan masalah, (2) menyusun hipotesis, (3) merancang percobaan, (4) melaksanakan percobaan, (5) menginterpretasikan data dan (6) mengkomunikasikan hasil, memperoleh nilai rata-rata 93,4 dengan kategori sangat baik. Penilaian terhadap karakteristik produk secara keseluruhan memperoleh nilai 98,8 dengan kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan lotion kefir dengan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) dalam materi koloid dapat mengembangkan kinerja ilmiah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstrak daun kersen; kinerja ilmiah; lembar kerja peserta didik; lotion; pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | Education, Research Chemistry and Allied Science Procedures, Equipment of Chemistry Organic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rangga Ahmad Fauzi |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:42 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |