Pengaruh Parent-Peer Attachment terhadap Self-Esteem siswa MTs "X" dengan Ibu yang bekerja

Nurfajriati, Hasna (2025) Pengaruh Parent-Peer Attachment terhadap Self-Esteem siswa MTs "X" dengan Ibu yang bekerja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB) | Request a copy

Abstract

Dual-earner family merupakan kondisi di mana istri turut bekerja dan terlibat dalam pemenuhan ekonomi, menawarkan solusi bagi permasalahan finansial yang terjadi belakangan ini. Namun kondisi ini juga menimbulkan tantangan dalam dinamika keluarga, terutama dalam hal pengasuhan anak. Kurangnya waktu dan perhatian yang dicurahkan kepada anak remaja dapat mengakibatkan anak merasa diabaikan di rumahnya. Akibatnya, mereka akan mencari penerimaan tersebut dari lingkungan luar, khususnya teman sebayanya. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah parent-peer attachment berpengaruh terhadap self-esteem. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional kausalitas. Skala yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Inventory of Parent and Peer Attachment-Revised (IPPA-R) dan Self Liking-Competence Scale-Revised (SLCS-R). 185 siswa MTs “X” dengan ibu yang bekerja yang terlibat dalam penelitian ini dipilih melalui teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parent attachment dan peer attachment secara bersama-sama berpengaruh terhadap self-esteem Siswa MTs “X” dengan ibu yang bekerja dengan besaran pengaruh sebesar 50.5%. Sedangkan secara parsial, parent attachment memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap self-esteem dibandingkan peer attachment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelekatan Orang Tua; Kelekatan Teman Sebaya; Harga Diri; Keluarga Pencari Nafkah Ganda
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Friends and Neighbors
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Hasna Nurfajriati
Date Deposited: 18 Sep 2025 08:13
Last Modified: 18 Sep 2025 08:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120449

Actions (login required)

View Item View Item