Pengaruh Self Disclosure terhadap tingkat stres akademik mahasiswa semester akhir dengan dukungan sosial sebagai variabel moderator

Badriyah, Ringga (2025) Pengaruh Self Disclosure terhadap tingkat stres akademik mahasiswa semester akhir dengan dukungan sosial sebagai variabel moderator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik merupakan tekanan psikologis yang dialami mahasiswa akibat tuntutan akademik. Self-disclosure, sebagai kemampuan individu untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan secara terbuka, diyakini memiliki pengaruh terhadap kemampuan individu dalam mengelola stress. Dukungan sosial dipertimbangkan sebagai faktor protektif yang dapat memperkuat hubungan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh self-disclosure terhadap tingkat stres akademik mahasiswa semester akhir dengan dukungan sosial sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan proportionate stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu: The Perceptions of Academic Stress Scale (PASS), Revised Self-Disclosure Scale (RSDS), dan Multidimensional scale of Perceived social support (MPSS). Subjek penelitian adalah 342 mahasiswa semester akhir UIN Bandung yang sedang mengerjakan tugas akhir. Data dianalisis menggunakan regresi moderasi dengan bantuan aplikasi SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-disclosure berpengaruh signifikan terhadap stres akademik. Selain itu, interaksi antara self-disclosure dan dukungan sosial juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap stres akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: stres akademik; self-disclosure; dukungan sosial; mahasiswa semester akhir
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: 1216000176 ringga badrya
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:00
Last Modified: 18 Sep 2025 06:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120572

Actions (login required)

View Item View Item