Giftari, Fariz Muhammad (2025) Pengembangan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (920kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan MORTAL (E-module berbasis Virtual Reality), (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality), (3) peningkatan literasi sains peserta didik, dan (4) respon peserta didik terhadap MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata hasil uji validitas sebesar 85.95% (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) sebanyak tiga kali pertemuan termasuk pada kategori efektif dengan persentase rata-rata sebesar 82%, (3) terdapat peningkatan literasi sains berdasarkan analisis nilai N-Gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Selain itu, hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001<0,05, dengan H_1 diterima dan H_0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality), dan (4) respon peserta didik terhadap penggunaan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) dalam kegiatan pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 75% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains; MORTAL; Pemanasan Global; Virtual Reality |
Subjects: | Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fariz Muhammad Giftari |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:23 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |