Pengembangan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global

Giftari, Fariz Muhammad (2025) Pengembangan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (920kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi pemanasan global. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan MORTAL (E-module berbasis Virtual Reality), (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality), (3) peningkatan literasi sains peserta didik, dan (4) respon peserta didik terhadap MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata hasil uji validitas sebesar 85.95% (2) keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) sebanyak tiga kali pertemuan termasuk pada kategori efektif dengan persentase rata-rata sebesar 82%, (3) terdapat peningkatan literasi sains berdasarkan analisis nilai N-Gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Selain itu, hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001<0,05, dengan H_1 diterima dan H_0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan literasi sains peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality), dan (4) respon peserta didik terhadap penggunaan MORTAL (E-Module berbasis Virtual Reality) dalam kegiatan pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 75% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains; MORTAL; Pemanasan Global; Virtual Reality
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fariz Muhammad Giftari
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:23
Last Modified: 18 Sep 2025 07:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120579

Actions (login required)

View Item View Item