Burhani, Auliya Nidaan Khofiyya (2025) Pengaruh pemberitaan persib pada Platform Tiktok @prfmnews_ terhadap pengetahuan mahasiswa UIN Bandung tenang informasi persib Bandung : Studi terhadap mahasiswa jurnalistik UIN Bandung angkatan 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
|
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
|
Text
bebas plagiarism.pdf Download (122kB) | Preview |
|
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
![]() |
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
Abstract
Perkembangan media digital telah mengubah cara masyarakat mengakses informasi, termasuk berita olahraga. TikTok sebagai platform video pendek menjadi saluran baru dalam penyebaran informasi yang cepat dan menarik. Salah satu konten yang diminati adalah pemberitaan seputar klub sepak bola Persib Bandung melalui akun @prfmnews. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi, durasi, dan atensi mahasiswa terhadap konten berita Persib Bandung di TikTok @prfmnews terhadap tingkat pengetahuan mereka. Teori yang digunakan adalah teori dependensi efek komunikasi massa. Teori dependensi efek komunikasi massa menyatakan bahwa semakin tinggi ketergantungan seseorang terhadap media, semakin besar pula pengaruh media tersebut. Dalam penelitian ini, mahasiswa tergantung pada akun TikTok @prfmnews untuk memperoleh informasi tentang Persib. Ketergantungan ini membentuk pengetahuan mereka. Frekuensi, durasi, dan atensi memperkuat efek tersebut. Dengan demikian, teori ini relevan untuk menjelaskan pengaruh media terhadap pengetahuan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Sampel berjumlah 53 mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2021, ditentukan dengan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan frekuensi, durasi, dan atensi berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan mahasiswa (Fhitung = 38,236; sig. < 0,001), dengan nilai Adjusted R² sebesar 0,761. Secara parsial, frekuensi dan atensi berpengaruh signifikan, sementara durasi tidak berpengaruh signifikan. Kesimpulannya, terpaan media melalui TikTok berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa, terutama melalui intensitas akses dan perhatian terhadap konten berita olahraga, khususnya tentang Persib Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | terpaan media; tiktok; PRFM; frekuensi; durasi; atensi; pengetahuan; persib bandung |
Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | auliya nidaan khofiyya burhani |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 02:00 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 02:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |