Noerafifah, Dinna Widya (2025) Perbandingan implementasi model pembelajaran POE2WE dan POEW berbantuan ophysics untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembarpernyataankeasliankaryailmiah.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (667kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (46MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan abad 21 menekankan pentingnya keterampilan berpikir kritis sebagai bekal menghadapi tantangan global dan era society 5.0. Akan tetapi, keterampilan berpikir kritis peserta didik di lapangan masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran POE2WE dan POEW berbantuan oPhysics. Penelitian ini bertujuan menganalisis keterlaksanaan pembelajaran serta membandingkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran POE2WE dan POEW berbantuan oPhysics. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI-G dan XI-D SMA Negeri 1 Batujajar, masing-masing berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan berpikir kritis berbentuk uraian dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Data dianalisis menggunakan N-Gain, uji prasyarat, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran POE2WE dan POEW berbantuan oPhysics terlaksana dengan sangat baik, dengan persentase aktivitas guru dan peserta didik masing-masing 90,36% dan 88,35% pada model pembelajaran POE2WE serta 90,35% dan 87,45% pada model pembelajaran POEW. Peningkatan keterampilan berpikir kritis berdasarkan skor N-Gain setelah menerapkan model pembelajaran POE2WE adalah 0,72 dalam kategori tinggi, sedangkan setelah menerapkan model pembelajaran POEW adalah 0,63 dalam kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,003 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian, model pembelajaran POE2WE berbantuan oPhysics terbukti lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibandingkan model pembelajaran POEW berbantuan oPhysics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gelombang cahaya; keterampilan berpikir kritis; model pembelajaran POE2WE; model pembelajaran POEW; oPhysics |
Subjects: | Physics Applied Physics Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dinna Widya Noerafifah |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 08:06 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/120966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |