Perbandingan hasil belajar menggunakan model Read, Answer, Discuss, Explain, And Create (RADEC) dengan model Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem reproduksi

Citra, Intan Lidia (2025) Perbandingan hasil belajar menggunakan model Read, Answer, Discuss, Explain, And Create (RADEC) dengan model Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan indikator penting dalam menilai keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan observasi, ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara menggunakan model RADEC dengan PjBL pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan quasi experiment dengan desain non-equivalent multiple group, pengambilan sample dengan cara purposive sampling melibatkan 32 pada kelas ekperimen 1 dan 32 siswa dari kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian meliputi soal pilihan ganda dengan indikator hasil belajar yaitu C4 (menganalisis) dan C5 (mengevaluasi), lembar observasi, asesmen produk, dan refleksi siswa. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kelas RADEC mencapai 95,1% dan 95,4% sedangkan kelas PjBL sebesar 94,6% dan 94,5% semuanya dalam kategori sangat baik. Rata-rata posttest siswa RADEC lebih tinggi (84) dibanding PjBL (78) dengan hasil uji hipotesis menunjukkan perbedaan signifikan (sig. 0,000 < 0,005) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Rata- rata nilai asesmen produk pada kelas RADEC sebesar 80% (baik) dan PjBL 75% (cukup baik). Refleksi siswa pada kelas dengan model RADEC cenderung memiliki persentase lebih tinggi pada kriteria sangat baik dibandingkan kelas PjBL. Implikasi pembelajaran dengan model RADEC dengan model PjBL meningkatkan hasil belajar dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran abad 21.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Read; Answer; Discuss; Explain; and Create (RADEC); Model Project Based Learning (PjBL); Sistem Reproduksi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Intan Lidia Citra
Date Deposited: 20 Sep 2025 03:55
Last Modified: 20 Sep 2025 03:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121031

Actions (login required)

View Item View Item