Analisis isi pesan dakwah dalam akun instagram @dakwahjomblo

Mardhiana, Syifa Husnia (2018) Analisis isi pesan dakwah dalam akun instagram @dakwahjomblo. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini masyarakat cenderung lebih banyak mengkonsumsi informasi atau hal-hal yang berasal dari hasil kemajuan teknologi. Melihat arus perkembangan teknologi saat ini, seorang da’i ataupun aktifis dakwah harus mampu menyesuaikan serta mampu mempergunakan dan memanfaatkan hasil teknologi tersebut. Salah satunya yaitu dengan menyampaikan pesan dakwah melalui media sosial. Penggunaan media sosial khususnya instagram sebagai sarana untuk menyampaikan pesan dakwah merupakan suatu peluang bagi aktifis dakwah dalam menjalankan misi dakwahnya. Karena, para followers atau mad’u dapat dengan mudah menerima informasi mengenai keislaman. Akun @dakwahjomblo merupakan salah satu akun yang didalammya memposting konten-konten dakwah Islam. Dalam postingan nya lebih banyak diperuntukkan bagi remaja, khususnya yang sedang dalam proses berhijrah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui imbauan pesan dakwah dalam akun Instagram @dakwahjomblo dan untuk mengetahui kategorisasi pesan dakwah dalam akun Instagram @dakwahjomblo. Sesuai dengan tujuan penelitian diatas, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori imbauan pesan dari Jalaluddin Rakhmat dan teori pesan dakwah dari Al-Bayanuniy. Penelitan ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut: (1) menentukan objek penelitian yaitu akun instagram @dakwahjomblo; (2) menentukan metode penelitian yaitu dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif; (3) menentukan jenis dan sumber data yaitu sumber data primer yang diperoleh langsung dari admin dan postingan akun instagram@dakwahjomblo dan sumber sekunder yaitu sebagai sumber pendukung dari penelitian ini; (4) menentukan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara; dan (5) menganalisis data yang telah terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pesan dakwah yang di posting selama bulan November 2017 yaitu sebanyak 111 postingan, yang termasuk dalam klasifikasi yaitu sebanyak 67 pesan. Imbauan pesan terdapat 27 pesan yang terbagi dalam empat kategori yaitu imbauan motivasional (14 pesan), imbauan rasional (1 pesan), imbauan emosional (6 pesan), dan imbauan takut (6 pesan), dan kategorisasi pesan dakwah terdapat 40 postingan yang terbagi dalam kategori akidah (9 pesan), syariah (14 pesan) dan akhlak (17 pesan). Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa imbauan pesan yang lebih banyak diunggah yaitu mengenai imbauan motivasional, sedangkan untuk kategori isi pesan dakwah, yang lebih banyak diunggah yaitu mengenai aspek akhlak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Media Sosial; Instagram; @dakwahjomblo
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syifa Husnia Mardhiana
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:24
Last Modified: 02 Aug 2018 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item