Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) terhadap peningkatan keterampilan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem

Fauziah, Dini Agustia (2025) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Environment, Technology and Society (SETS) terhadap peningkatan keterampilan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
01_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03_bebasplagiarism.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04_daftar isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05_bab 1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
06_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text
07_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
08_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
09_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains merupakan salah satu keterampilan esensial dalam pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Science, environment, technology, Society terhadap peningkatan literasi sains peserta didik pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group dan pendekatan kuantitatif, dilaksanakan di salah satu MTs swasta di kabupaten Purwakarta pada kelas VII-A dan VII-B dipilih dengan teknik sampling jenuh yang berjumlah 70 orang. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik pada kelas eksperimen sangat baik dengan rata-rata aktivitas guru 95% dan rata-rata aktivitas peserta didik 98% sedangkan pada kelas kontrol aktivitas guru dan peserta didik terlaksana dengan baik, dengan rata-rata aktivitas guru 87,1% dan aktivitas peserta didik 77,2%. Peningkatan keterampilan literasi sains pada kelas eksperimen dengan skor N-Gain 0,52 dengan kriteria sedang dan pada kelas kontrol memperoleh skor N-Gain 0,32 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan terdapat pengarh model model PBL berbasis SETS terhadap peningkatan keterampilan literasi sains pada materi ekosistem dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu Sig.2 tailed 0,001 < 0,05 dan nilai Effect Size 0,63 termasuk ke dalam kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Science; Environment; Technology; dan Society; Literasi Sains; Ekosistem
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dini Agustia Fauziah
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:33
Last Modified: 24 Sep 2025 08:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121111

Actions (login required)

View Item View Item