Pengaruh model pembelajaran RICOSRE (Reading,Identifying, Constructing, Solving, ReviewingG, Extending) berbantu Articulate Storyline 3 terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) pada materi Perubahan Lingkungan

Dewi, Marischa (2025) Pengaruh model pembelajaran RICOSRE (Reading,Identifying, Constructing, Solving, ReviewingG, Extending) berbantu Articulate Storyline 3 terhadap peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFYAT ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan esensial yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantu Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan non-equivalent control group design. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran yang diukur dengan lembar observasi terlaksana sangat baik dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 96% dan aktivitas siswa sebesar 93%. Baiknya kualitas pembelajaran direspon kuat oleh siswa yang diukur melalui angket respon dan memperoleh persentase sebesar 80%. Hasil keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan tes pilihan ganda, pada kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol memperoleh N-Gain 0,54 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig.2-tailed 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan data hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RICOSRE berbantu Articulate Storyline 3 berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran inovatif yang dapat dijadikan alternatif dalam mendukung penguatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Perubahan Lingkungan; Articulate Storyline 3; RICOSRE;
Subjects: Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Marischa Dewi
Date Deposited: 20 Sep 2025 05:43
Last Modified: 20 Sep 2025 05:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121137

Actions (login required)

View Item View Item