Peningkatan Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) melalui pembelajaran proyek terintegrasi pendekatan Etno-STREAM (Science-Technology-Religion-Engineering-Arts-Mathematics) pada pembuatan surabi hijau Karawang

Halimatussa'diah, Halimatussa'diah (2025) Peningkatan Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) melalui pembelajaran proyek terintegrasi pendekatan Etno-STREAM (Science-Technology-Religion-Engineering-Arts-Mathematics) pada pembuatan surabi hijau Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarsm.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) merupakan bagian dari keterampilan berpikir tingkat tinggi. Surabi hijau merupakan makanan khas Karawang. Tujuan penelitian untuk menganalisis peningkatan KBS melalui PjBL terintegrasi pendekatan etno-STREAM. Penelitian Quasy experiment dengan The Static-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas siswa SMA yang masing-masing berjumlah 33 siswa pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Karawang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi: rubrik beserta lembar observasi keterlaksanaan, soal uraian menggunakan indikator KBS, rubrik dan skoring asesmen produk surabi hijau, dan angket refleksi siswa indikator 4F. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebagian besar mencapai kriteria sangat baik. Peningkatan signifikan KBS mencapai N-gain score 0,71 kriteria tinggi kelas eksperimen, sedangkan kelas reguler mencapai N-gain score n 0,52 kriteria sedang. hasil uji statistik terdapat perbedaan signifikan KBS siswa dengan nilai sig.0,000 < 0,05. Sebagian besar kelompok siswa mencapai kriteria sangat baik pada penilaian asesmen produk surabi hijau. Sebagian besar siswa mencapai kriteria baik pada angket refleksi indikator 4F. Pembelajaran proyek terintegrasi etno-STREAM ini dapat diterapkan pada materi bioteknologi konvensional melalui penugasan pembuatan produk lokal dalam membekalkan KBS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran proyek; Etno-STREAM; keterampilan berpikir sistem
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Halimatussa'diah -
Date Deposited: 20 Sep 2025 05:20
Last Modified: 20 Sep 2025 05:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/121170

Actions (login required)

View Item View Item