Pengembangan kemampuan interkoneksi multiple representasi mahasiswa calon guru melalui sistem manajemen belajar berbasis WEB

Farida, Ida and Liliasari, Liliasari (2011) Pengembangan kemampuan interkoneksi multiple representasi mahasiswa calon guru melalui sistem manajemen belajar berbasis WEB. In: Simposium Nasional Puslitjaknov, 20-22 Desember 2011, Denpasar, Bali. (In Press)

[img]
Preview
Text
Simposium Puslitjaknov 2011-Ida Farida - edit.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilandasi pemikiran pentingnya pengembangan kompetensi pedagogi mahasiswa calon guru kimia pada area kemampuan representasi, agar kelak menjadi guru yang handal di lapangan. Kemampuan representasi merupakan aspek penting agar dapat berhasil memecahkan masalah kimia. Pemahaman seseorang terhadap kimia ditunjukkan oleh kemampuannya mentransfer dan menghubungkan representasi makroskopik, submiskroskopik dan simbolik atau disebut juga interkoneksi multiple level representasi kimia (IMLR). Mahasiswa calon guru harus memahami hubungan ketiga level representasi kimia secara internal dan dapat menyajikannya kembali ketiga representasi tersebut dalam pembelajaran. Untuk itu, solusi peningkatan kualitas calon guru kimia diupayakan dengan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan kemampuan IMLR, yaitu melalui model perkuliahan menggunakan sistem manajemen belajar berbasis web. Adapun desain pembelajaran dikembangkan dengan memanfaatkan fitur-fitur; lesson page, forum diskusi, penugasan (assignment) dan pengintegrasian animasi,, simulasi dan tools representasi Chemsense yang memfasilitasi pengembangan kemampuan representasi mahasiswa. Hasil penelitian melalui metode quasi eksperimen dengan desain one group pre test-postest. terhadap 31 mahasiswa calon guru kimia di salah satu LPTK di Bandung menunjukkan ; terjadinya peningkatan kemampuan representasi mahasiswa pada topik hidrolisis garam. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran, meskipun terdapat beberapa kendala teknis yang menghambat kelancaran aktifitas belajar. Hasil penelitian menyarankan perlunya dikembangkan lebih luas desain belajar interkoneksi multiple level representasi berbasis web untuk meningkatkan mutu program pendidikan calon guru ataupun program peningkatan kompetensi professional guru kimia di lapangan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dr Ida Farida
Date Deposited: 06 Aug 2018 15:18
Last Modified: 06 Aug 2018 15:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12122

Actions (login required)

View Item View Item