Pengaruh model pembelajaran pengaturan awal (advance organizer) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia

Ibrahim, Akbar Shidiq (2013) Pengaruh model pembelajaran pengaturan awal (advance organizer) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)

Abstract

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya bergantung pada kemampuan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran, serta inovasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Advance Organizer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer pada materi sistem ekskresi manusia, keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer, dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Advance Organizer pada materi sistem ekskresi manusia. Metode penelitiannya adalah pre Experimental Design dengan desain penelitian pre-test and post-test Group. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 2 Subang. Sampel satu kelas yaitu kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, keterlaksanaan proses dan respon siswa. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas dan uji hipotesis. Analisis keterlaksanaan proses menggunakan lembar observasi dan respon siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model pembelajaran Advance Organizer diperoleh nilai rata-rata 100.00% (baik) untuk aktivitas guru dan 95.14% (cukup baik) untuk aktivitas siswa. Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Advance Organizer diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 44.00, tes akhir sebesar 66.55, N-Gain sebesar 0.42 (sedang), serta hasil rata-rata nilai indikator kognitif untuk tes awal sebesar 41.81 (kurang) dan tes akhir sebesar 62.33 (sedang) dan untuk indikator terbesar yaitu mengingat (C1). Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer diperoleh nilai rata-rata sebesar 77% (kuat). Hasil uji hipotesis diperoleh Thitung 10.181 > Ttabel 1.699 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap hasil belajar siswa dinyatakan positif, signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pengaturan Awal (Advance Organizer) Sistem Ekskresi Manusia;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2016 01:51
Last Modified: 07 Aug 2019 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item