Muntaha, Rohmatika (2018) Penyajian pesan dakwah melalui media sosial: Analisis deskriptif tentang bentuk penyajian pesan dakwah pernikahan di akun instagram @nikahbarokah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (191kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
Abstract
Seiring berjalannya waktu, kini media penyampai pesan dakwah berkembang pesat. Seorang da’i dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam mengemas pesan dakwahnya. Salah satunya yaitu melalui media sosial. Instagram merupakan bagian dari media sosial. Akun Instagram @nikahbarokah merupakan salah satu akun Instagram penyebar dakwah Islam dengan penyajian pesan yang sangat menarik karena selain gambar juga menampilkan caption yang terperinci. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk penyajian pesan dakwah melalui media sosial. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyajian pesan informatif, persuasif dan koersif. Penelitian ini didasarkan pada sebuah konsep bentuk penyajian pesan dari A.W. Widjaja, yang membagi bentuk penyajian pesan kedalam tiga bentuk, yaitu bentuk penyajian informatif, persuasif dan koersif. Dalam penelitian ini juga menggunakan teori CMC sebagai teori pelengkap. Teori ini diperkenalkan oleh Marshall McLuhan mengenai segala bentuk komunikasi antar individu, individu dengan kelompok yang saling berinteraksi melalui komputer dalam suatu jaringan komputer. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga puluh unggahan yang diteliti, terdapat empat belas unggahan yang merupakan penyajian pesan informatif. Dari keempat belas unggahan tersebut, terdapat sebelas unggahan yang memberikan keterangan data dan fakta serta tiga unggahan yang hanya memberikan keterangan data saja secara terperinci. Terdapat delapan unggahan yang merupakan bentuk penyajian pesan persuasif dengan penggunaan kata ajak, himbauan ataupun bujukan secara jelas. Dan terdapat delapan unggahan yang merupakan penyajian pesan koersif dengan memberikan ungkapan berupa ancaman, peringatan dan sanksi-sanksi yang diangkat dari Al-Quran dan Hadits.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram; Pesan Dakwah; Penyajian Pesan |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Rohmatika Muntaha |
Date Deposited: | 02 Aug 2018 08:27 |
Last Modified: | 02 Aug 2018 08:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12131 |
Actions (login required)
View Item |